Rabu 17 Jan 2024 21:00 WIB

Pesan Imam An Nawawi Terkait Amar Maruf Nahi Mungkar

Ada adab terhadap amar maruf nahi mungkar.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Pesan Imam An-Nawawi Terkait Amar Maruf Nahi Mungkar. Foto:  Ilustrasi ibadah di rumah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Pesan Imam An-Nawawi Terkait Amar Maruf Nahi Mungkar. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Amar maruf nahi mungkar artinya menyeru orang berbuat baik dan melarang orang berbuat yang jahat, sebagaimana yang diajarkan Allah SWT dan Rasul-Nya. Adab amar makruf nahi mungkar adalah melaksanakan apa yang akan ia perintahkan, dan menjauhi apa yang akan ia larang.

Di dalam Syarah Shahih Muslim, Imam An Nawawi berkata, "Ketahuilah, bahwa masalah ini, yang saya maksud ialah masalah amar makruf nahi mungkar, sebagian besarnya telah disia-siakan sejak masa-masa yang lalu. Tak ada yang tersisa darinya pada masa sekarang, kecuali beberapa perkara yang sangat sedikit."

Baca Juga

"Padahal, ia (amar makruf nahi mungkar) merupakan masalah besar yang dengannya urusan menjadi lurus dan sempurna. Sementara itu, jika kekejian semakin banyak, azab akan merata kepada orang yang saleh dan orang yang jahat. Kalau mereka tidak mencegah tangan orang zalim, Allah akan meratakan azab-Nya kepada mereka semua."

Demikian yang disampaikan Al Imam Al Allamah Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An Nawawi Ad Dimasyqi yang dikenal sebagai Imam An Nawawi. Ulama besar bermazhab Syafi'i.