Rabu 17 Jan 2024 22:19 WIB

Spalletti: Terkadang De Rossi Melupakan Dirinya Sendiri, Tapi tidak Pernah Melupakan Roma

Semua tahu De Rossi sangat mencintai Roma.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mantan kapten AS Roma, Danielle De Rossi. De Rossi kini resmi menjadi pelatih AS Roma.
Foto: EPA/Maurizio Brambatti
Mantan kapten AS Roma, Danielle De Rossi. De Rossi kini resmi menjadi pelatih AS Roma.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pelatih tim nasional Italia, Luciano Spalletti mengomentari penunjukkan Daniele De Rossi sebagai juru taktik AS Roma. De Rossi menggantikan Jose Mourinho.

Kontrak sang mantan gelandang bersama I Giallorossi hingga pengujung musim 2023/24. De Rossi akan menjalani debut pada akhir pekan ini. Tepatnya saat Roma menjamu Hellas Verona pada giornata ke-21 Serie A, di Stadion Olimpico, Ahad (21/1/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

Sebelumnya, Spalletti pernah melatih De Rossi di La Magica. Ia senang, eks anak asuhnya menjalani tahapan baru. Ia tak memiliki kata lain, selain memberikan dukungan.

"Saya selalu memeluk pemain saya dan mendukung mereka ketika mereka menghadapi pengalaman baru. Saya bahkan melakukannya dengan mereka yang tidak membalas pelukan saya dan itu bukan kasus Daniele," kata allenatore 64 tahun ini kepada La Gazzettaa dello Sport, dikutip dari Football Italia, Rabu (17/1/2023).

"Dia pesepakbola luar biasa karena dia memiliki rasa terhadap tim. Dia memiliki perasaan yang kuat terhadap rekan satu timnya dan berjuang untuk mereka. Saya tidak ingat satu pertandingan pun di mana dia mengecewakan saya dalam aspek ini. Dia seorang juara yang sensitif, terkadang dia lupa akan dirinya sendiri, tapi tidak pernah melupakan Roma," ujar Spalletti, menambahkan.

Pada Selasa (16/1/2024) Roma menghentikan kerja sama dengan Mourinho. Pihak klub mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal tersebut. Ini bukan sesuatu yang mendadak. I Giallorossi telah melalui perhitungan matang. Sebuah solusi terbaik untuk semua pihak.

"AS Roma mengonfirmsi Jose Mourinho dan staf akan segera meninggalkan klub," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia.

La Magica memiliki kenangan indah bersama juru taktik asal Portugal tersebut. Dinamika menuju pendewasaan. Sasarannya untuk pertumbuhan masing-masing pihak.

Bersama Mou, klub Serie A ini sedikit tertawa lebar di benua biru. Hanya ajang kelas dua. Namun cukup untuk memuaskan dahaga penggemar I Lupi.

"Dia memimpin tim untuk memenangkan UEFA Conference League di Tirana pada 25 Mei 2022, dan membawa tim lolos ke final Liga Europa di Budapest musim lalu.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose atas nama AS Roma, atas semangat dan usahanya sejak kedatangannya ke klub," kata Dan dan Ryan Friedkin.

Segala sesuatu yang terjadi, takkan pernah terhapus. Faktanya mereka sempat berbagi kamar ganti. Kini kedua pihak berpisah.

Kenangan apa pun, bakal abadi. Menurut pemilik Roma itu, semua ini demi kepentingan klub. Keputusan yang berat, harus diambil.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk Jose dan asistennya, untuk segala upaya mereka ke depan. Pembaharuan lebih lanjut mengenai staf dan pelatih tim utama yang baru, akan segera menyusul."

Menarik dinantikan bagaimana kiprah De Rossi bersama Roma di sisa musim ini. Target klub tersebut yakni menembus zona top four klasemen akhir Serie A.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement