Kamis 18 Jan 2024 18:55 WIB

Warga Bandung, Kini Bisa Lakukan Perawatan Kulit Berteknologi Laser Tercanggih di Dunia

Teknologi ini menyalurkan energi secara cepat dengan partikel lebih kecil dari nano

Red: Arie Lukihardianti
Teknologi laser paling modern yang dikenal sebagai global gold standard dikenalkan ke masyarakat Bandung
Foto: Dok Republika
Teknologi laser paling modern yang dikenal sebagai global gold standard dikenalkan ke masyarakat Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia memiliki beragam risiko pada kondisi kulit. Dua hal yang paling umum ditemui dan sering terlihat adalah pigmentasi dan penuaan kulit yang terjadi lebih cepat.

Pigmentasi adalah masalah kulit yang memperlihatkan ada bercak dengan tone warna lebih gelap di permukaan kulit dan memperlihatkan warna kulit yang tidak merata. Penyakit kulit akibat hiperpigmentasi itu bentuknya beragam, di antaranya flek, bekas jerawat, bercak karena terbakar sinar matahari, dan sampai ke melasma.

Baca Juga

Masalah pada kulit itu bisa disembuhkan dengan perawatan kulit yang tepat. Apalagi bila menggunakan teknologi modern yang berkembang dalam teknologi medis estetik, hasil perawatannya akan menjadi lebih efektif dari segi waktu dan hasilnya lebih optimal.

Teknologi modern itu sangat tepat untuk masyarakat modern yang menginginkan perawatan kulit yang cepat dan efektif. Salah satunya adalah dengan teknologi laser yang memang sudah menjadi tren dan akan tetap berlanjut menjadi tren teknologi estetika kulit pada 2024.

Di Bandung, teknologi yang paling modern dan canggih di dunia untuk mengatasi masalah pigmentasi dan penuaan kulit itu pun sudah hadir. Teknologi itu adalah Laser PicoSure Pro yang merupakan Gentle picosecond technology. Teknologi laser paling modern yang dikenal sebagai global gold standard itu sudah hadir di Aesthetic Derma Centre (ADC), di kawasan Dago Kota Bandung.

Menurut Dermatologist ADC, dr Azmi Fadillah, SpDV ada beragam teknologi yang menjadi tren untuk perawatan kulit di tahun 2024. Salah satunya yang paling modern dan menjadi tren di dunia adalah Laser Picosure Pro treatment. Teknologi itu memang diperlukan karena dokter kulit di Indonesia saat ini terus meningkatkan ilmunya sehingga mampu bersaing secara global. 

“Alat-alat dengan teknologi modern kini sudah hadir di Indonesia, salah satunya Picosure Pro yang merupakan laser panjang gelombang 755nm dengan kecepatan picosecond pertama yang aman dan efektif untuk menghilangkan pigmen yang tidak diinginkan,” ujar dr Azmi, dalam keterangan resminya, Kamis (18/1/2024).

dr Azmi mengatakan, teknologi ini menyalurkan energi secara cepat dengan partikel yang berukuran lebih kecil dari pada teknologi nano. Picosure Pro juga bisa menghilangkan pigmen tanpa dampak pada permukaan kulit. Prosesnya bisa memperlihatkan perubahan kulit yang lebih cerah dalam hitungan menit dan tanpa waktu tunggu untuk pemulihan. Pasien bisa langsung beraktivitas setelah menjalankan perawatannya.

Sementara, menurut dr Yogi Faldian, Sp.DV, Dermatologist ADC sekaligus staff pengajar di Rumah Sakit Hasan Sadikin, penggunaan teknologi modern dalam perawatan kulit, juga perlu diimbangi dengan  tenaga/staf yang tidak hanya mengetahui cara prosedur tindakan.

“Tenaga medis juga harus memahami dengan baik prinsip dan cara kerja alat-alat yang digunakan. Pengetahuan ini tidak hanya akan memaksimalkan hasil, tetapi juga dapat mengantisipasi dan menghindari efek samping yang tidak diinginkan dari penggunaan alat-alat tersebut,” papar dr Yogi.

Menurut CEO Aesthetic Derma Centre, Natalie Koswara, saat ini, masyarakat Bandung semakin sadar akan pentingnya penampilan diri supaya merasa cukup terhadap dirinya sendiri, untuk kemudian mengejar apa yang ingin dicita-citakan. 

Untuk mencapai hal tersebut, kata dia, semakin banyak perempuan dan laki-laki di kota-kota besar yang mulai terbiasa dalam melakukan kunjungan ke klinik estetik. Klinik estetik dan kecantikan ADC memandang kebutuhan masyarakat Bandung akan self-love dan kepercayaan diri melalui penampilan terus meningkat. 

Konsep self-love dan pentingnya kepercayaan diri ini, kata dia, kerap diperbincangkan oleh masyarakat. Berdasarkan hasil temuan Brain & Behavior Research Foundation, self-love merupakan suatu keadaan penghargaan terhadap diri sendiri yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis dan spiritual seseorang.

'Hal ini pula yang menjadi misi bagi klinik estetik ADC Bandung yang siap untuk menemani perjalanan self-love dan kesehatan kulit masyarakat Bandung," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement