Jumat 19 Jan 2024 12:26 WIB

Mengapa Iran dan Pakistan Serang Balochistan?

Pemberontakan juga menjadi titik ketegangan antara Pakistan dan Iran.

Rep: Lintar Satria/ Red: Setyanavidita livicansera
Seorang pria menggantung Landhi, daging kering tradisional untuk dijual di sebuah toko di Pishin, Balochistan, Pakistan, (29/12/2023).
Foto: EPA-EFE/FAYYAZ AHMAD
Seorang pria menggantung Landhi, daging kering tradisional untuk dijual di sebuah toko di Pishin, Balochistan, Pakistan, (29/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BALOCHISSTAN -- Balochistan merupakan wilayah dengan identitas dan sejarah tersendiri yang kini terbagi di tiga negara, Pakistan, Iran dan Afghanistan. Pekan ini Iran dan Pakistan meluncurkan serangan lintas batas ke negara tetangga masing-masing di area Balochistan.

Nama wilayah itu diambil dari etnis Baloch yang mendiami wilayah tersebut berabad-abad yang lalu. Sejak lama wilayah ini diperebutkan dan dipecah belah oleh para penguasa termasuk Persia dan Inggris.

Baca Juga

Dikutip dari the Guardian, Jumat (19/1/2024), sebagian besar wilayah ini terletak di barat daya Pakistan yang bergabung dengan negara itu setelah kemerdekaan tahun 1948. Meski provinsi terbesar di Pakistan, Balochistan juga provinsi yang paling sedikit populasinya.

Balochistan mencakup 44 persen dataran Pakistan, tetapi sebagian besar hanya gurun dan wilayah yang paling terbelakang dan dilanda berbagai masalah selama puluhan tahun. Balochistan memiliki sejarah perlawanan pada pemerintah Pakistan.