Jumat 19 Jan 2024 16:37 WIB

Vakum Tiga Tahun, Car Free Day Mulai Kembali di Kota Cirebon Pekan Ini

CFD diharapkan dapat menurunkan emisi gas buang kendaraan di Kota Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Personel Satlantas Polres Cirebon Kota mengatur lalu lintas kendaraan (ilustrasi). Hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) akan kembali dilaksanakan di Kota Cirebon
Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Personel Satlantas Polres Cirebon Kota mengatur lalu lintas kendaraan (ilustrasi). Hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) akan kembali dilaksanakan di Kota Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- sempat vakum selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19, hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) akan kembali dilaksanakan di Kota Cirebon. Namun, lokasi CFD akan berpindah-pindah dan tidak menetap di satu lokasi.

Dimulai kembalinya CFD itu tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Cirebon Nomor 510.11/SE.02-DLH tertanggal 17 Januari 2024.

"Car Free Day akan kita launching pada Ahad, 21 Januari 2024. Pelaksanaannya mulai pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB," ujar Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, Jumat (19/1/2024).

Lokasi CFD yang sebelumnya selalu dilaksanakan di ruas Jalan Siliwangi atau depan Balai Kota Cirebon, kali ini akan dipindah. Pada CFD perdana nanti, lokasinya dilakukan di sepanjang Jalan Pasuketan (depan eks BAT) sampai dengan perempatan Jalan Pasuketan – Winaon – Pekiringan.

"Untuk lokasi car free day, tidak permanen di satu lokasi. Nanti tempatnya akan kita evaluasi, kita geser ke lokasi lainnya," tukas Agus.

Agus mengatakan, salah satu tujuan diadakannya CFD adalah untuk pengendalian pencemaran udara di Kota Cirebon. Dengan CFD, diharapkan dapat menurunkan emisi gas buang kendaraan dan mengurangi efek pemanasan global.

Selain itu, lanjut Agus, CFD juga bisa menjadi sarana rekreasi bagi masyarakat. Masyarakat pun bisa melakukan beragam kegiatan olah raga.

"Tapi tidak boleh ada aktivitas politik dalam car free day," tutur Agus.

Terkait keberadaan pedagang dalam CFD, Agus menyatakan, tidak boleh ada pedagang di ruas jalan CFD. Dia menyatakan, para pedagang dipersilakan untuk berjualan di sisi-sisi jalan penghubung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement