Sabtu 20 Jan 2024 02:27 WIB

Indonesia Kalahkan Vietnam, Ini Hitung-hitungan untuk Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Menahan imbang Jepang pada laga terakhir memperbesar peluang Indonesia lolos.

Red: Israr Itah
Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (tengah) selepas membobol gawang Vietnam di Piala Asia lewat tendangan penalti.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (tengah) selepas membobol gawang Vietnam di Piala Asia lewat tendangan penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia meraih kemenangan krusial pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Indonesia menaklukkan Vietnam 1-0 lewat gol penalti Asnawi Mangkualam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Hasil ini membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar, minimal dari jalur salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Sebab andai kalah pada laga terakhir, posisi Indonesia tak akan berubah di peringkat tiga Grup D.

Baca Juga

Saat ini, dari enam tim peringkat ketiga, Indonesia berada di posisi teratas dengan tiga poin dan selisih gol -1. Hanya, tim-tim di bawahnya berpeluang menyodok melihat peluang pada laga terakhir yang mereka mainkan.

Indonesia akan lolos sebagai runner-up Grup D di bawah Irak jika mengalahkan Jepang pada laga terakhir. Andai cuma bisa menahan imbang, peluang untuk lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik masih cukup besar melihat posisi dari tim-tim di grup lain.