Sabtu 20 Jan 2024 06:54 WIB

Asnawi Ungkap Perasaannya Saat Diminta Jadi Eksekutor Penalti oleh Shin Tae-yong

Penalti Asnawi memastikan Indonesia mengalahkan Vietnam 1-0 di Piala Asia.

Red: Israr Itah
Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar setelah menunaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti melawan Vietnam di Piala Asia.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar setelah menunaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti melawan Vietnam di Piala Asia.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam menceritakan perasaannya saat menjadi eksekutor tendangan penalti yang berbuah gol tunggal bagi Skuad Garuda saat menghadapi Vietnam, Jumat. Bek timnas itu menuturkan ia mengikuti keputusan pelatih Shin Tae-yong yang memintanya menjadi penendang bola, dan bersyukur bisa menuntaskan tugasnya dengan gemilang.

"Memang itu instruksi dari pelatih dan sudah ditentukan. Siapa pun yang diberikan tanggung jawab harus siap mengeksekusi dengan baik dan bantu tim menuju kemenangan. Jadi siapa saja harus siap," ujar Asnawi saat ditemui usai pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat malam waktu Qatar.

Baca Juga

Berkat gol pemain klub Jeonnam Dragons (Korea Selatan) tersebut, Indonesia akhirnya mengoleksi satu kemenangan di fase penyisihan grup Piala Asia 2023 dengan skor 1-0 atas Vietnam.

Indonesia yang berada di Grup D, harus bersaing dengan lawan-lawan berat seperti Irak, Vietnam, dan Jepang. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu tinggal menjalani laga terakhir kontra Jepang pada Rabu (24/1/2024).

"Saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan dan alhamdulillah bisa mengeksekusi dengan tenang," kata  

Asnawi mengecoh kiper Vietnam Nguyen Filip lewat sepakannya pada menit ke-42.

Meski awalnya tegang, ia sebenarnya sudah menyiapkan mental dan teknik jika sewaktu-waktu ditunjuk sebagai eksekutor tendangan penalti. Selama masa pemusatan latihan, ia pun sudah melatih dan mempersiapkan segala skenario yang bakal terjadi di turnamen yang berlangsung pada 12 Januari-10 Februari tersebut.

"Kalau diberikan tanggung jawab tersebut ya harus siap. Saya memang juga sudah mempersiapkan di latihan juga," ujar dia.

Berkat kemenangan itu, Indonesia memperbesar peluang untuk lolos ke babak 16 besar, sekaligus memastikan Vietnam tersingkir sebagai juru kunci Grup D.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement