Ahad 21 Jan 2024 00:34 WIB

Bukan Indonesia, Toyota Jadikan Thailand Pusat Kendaraan Listrik dan Hidrogen 

Toyota telah menjadikan Thailand rumah kedua.

Red: Firkah fansuri
Para pemimpin Toyota, termasuk Chairman Akio Toyoda, bertemu dengan eksekutif puncak CP Group dan SCG di Bangkok pada 19 Desember 2023.
Foto: Nikkei Asia
Para pemimpin Toyota, termasuk Chairman Akio Toyoda, bertemu dengan eksekutif puncak CP Group dan SCG di Bangkok pada 19 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,BANGKOK -- Toyota Motor sedang bersiap meluncurkan kampanye dekarbonisasi yang agresif di Thailand. Toyota bermitra dengan bisnis lokal terkemuka di Thailand seperti Charoen Pokphand Group dengan fokus pada permintaan kendaraan listrik komersial dan bahan bakar sel.

“Saya yakin tindakan kami saat ini dapat mengubah masa depan,” kata Chairman Toyota Akio Toyoda saat menghadiri lomba ketahanan bulan lalu di Buriram, 400 kilometer dari Bangkok. “Saya ingin orang-orang merasakan pilihan untuk menjadi netral karbon dengan menggunakan kelima indra mereka.”

Baca Juga

Toyoda bukan satu-satunya eksekutif Toyota yang mengunjungi Thailand pada bulan Desember lalu. Presiden Koji Sato dan Wakil Presiden Eksekutif Hiroki Nakajima telah tiba di Bangkok beberapa hari sebelumnya.

Perjalanan mereka bertepatan dengan pengumuman bahwa anak perusahaan Toyota, Daihatsu, yang memproduksi mobil mini kei, telah melakukan uji keselamatan yang cacat. Namun meski terjadi krisis di dalam negeri, para eksekutif tetap tinggal di Thailand untuk memajukan aliansi dekarbonisasi dengan mitra lokal.