Ahad 21 Jan 2024 01:52 WIB

Satria Muda Superior, Cetak 100 Poin di Kandang Pelita Jaya

Satria Muda Pertamina mengalahkan Pelita Jaya Bakrie 100-77.

Red: Israr Itah
Pemain Satria Muda Pertamina Juan Laurent Kokodiputra membawa bola saat menghadapi Pelita Jaya Bakrie dalam lanjutan IBL 2023 di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). Juan mencetak 17 dalam kemenangan Satria Muda 100-77 atas Pelita Jaya.
Foto: IBL/Ariya Kurniawan
Pemain Satria Muda Pertamina Juan Laurent Kokodiputra membawa bola saat menghadapi Pelita Jaya Bakrie dalam lanjutan IBL 2023 di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). Juan mencetak 17 dalam kemenangan Satria Muda 100-77 atas Pelita Jaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satria Muda Pertamina Jakarta tak sekadar mencuri kemenangan di kandang Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam lanjutan kompetisi basket IBL 2024. Tim asuhan Manuel Pena Garces mendikte Pelita Jaya dan berhasil mencatatkan skor triple digit dengan kemenangan 100-77 di Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024) malam.

Kedua tim berangkat dari motivasi berbeda. Pelita Jaya ingin menjaga kemenangan kandang setelah sebelumnya menaklukkan Tangerang Hawks. Sementara Satria Muda Pertamina bertekad bangkit usai dikalahkan Dewa United Banten di kandang sendiri pekan lalu.

Baca Juga

Pelita Jaya memulai laga dengan meyakinkan di hadapan pendukungnya. Mereka sempat unggul sampai tujuh poin di kuarter pertama dan Satria Muda ditinggalkan dengan hanya mencetak empat poin selama hampir tiga menit.

Namun perlahan-lahan Satria Muda bangkit dan membalikkan keadaan. Abraham damar Grahita dkk unggul empat poin di kuarter pertama 28-24. 

Di kuarter kedua, Satria Muda masih tetap di depan Pelita Jaya. Tuan rumah yang enggan tertinggal jauh terus berusaha.

Permainan kompak Satria Muda di defense berpengaruh pada offense. Beberapa serangan cepat dari kegagalan Pelita Jaya berbuah poin. Setelah sempat unggul 12 angka, Satria Muda menutup halftime dengan keunggulan enam poin, 51-45.

Di kuarter ketiga, Satria Muda kembali memperlebar keunggulan. Permainan zone defense Satria Muda sulit ditembus. Tembakan jarak jauh Pelita Jaya yang sudah buruk dari dua kuarter awal berlanjut ke kuarter ketiga. Hanya dua dari delapan percobaan tembakan tiga angka yang masuk. 

Alhasil, Pelita Jaya memaksa mencetak angka dengan menyerang langsung ke ring. Andakara Prastawa dkk juga memaksimalkan turn over dari Satria Muda untuk menambah angka. Kedudukan 76-65 untuk keunggulan Satria Muda pada akhir kuarter ketiga.

Satria Muda memanfaatkan keuntungan kondisi fisik yang lebih bugar karena memiliki jeda sepekan dari laga terakhirnya. Sementara Pelita Jaya yang baru bermain kemarin, tampak kewalahan di kuarter akhir, terutama saat menyetop transisi offense serta rotasi bola Satria Muda.

Pelita Jaya hanya mampu mencatat 12 poin dan Satria Muda mencetak dua kali lipatnya salah satunya lewat tembakan jarak jauh Widiyanta Putra Teja yang menggenapkan skor menjadi 100.

Malachi Lewis menjadi pencetak skor terbanyak untuk Pelita Jaya dengan 17 poin, Thomas Robinson dan Anthony Beane Jr sama-sama mencetak 13 poin. Andakara Prastawa mencetak 10 poin dan Muhammad Arighi menyumbang delapan poin dengan keduanya masing-masing mendaratkan dua tembakan tripoin.

Sedangkan pemain Satria Muda tampil baik dengan Jarred Shaw memimpin 22 poin dan 10 rebound, Curtis Lee Davis 19 poin dan 12 assist, Juan Laurent Kokodiputra 17 poin, dan Abraham Damar Grahita berkontribusi 15 poin, delapan assist, dan lima rebound.

Selanjutnya, Pelita Jaya akan berkunjung ke markas Satya Wacana Salatiga pekan depan. Sedangkan Satria Muda telah ditunggu oleh Rans Simba Bogor pada Ahad (21/1/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement