Ahad 21 Jan 2024 14:09 WIB

Prabowo-Gibran 42,2 Persen di Survei Charta Politika, Pilpres Berpeluang Dua Putaran

Menurut Charta Politika, Ganjar-Mahfud kalahkan Prabowo-Gibran di Jateng-DIY.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
 Peneliti Charta Politika Indonesia, Nachrudin saat memaparkan hasil survei terbaru di Jakarta, Ahad (21/1/2024).
Foto: Tangkap Layar
Peneliti Charta Politika Indonesia, Nachrudin saat memaparkan hasil survei terbaru di Jakarta, Ahad (21/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Charta Politika, Nachrudin, mengatakan elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di urutan pertama dengan 42,2 persen. Di urutan kedua adalah pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 28 persen disusuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 26,7 persen. 

Dengan hasil itu maka Pilpres 2024, berpeluang berlangsung dua putaran. "Kekuatan pasangan Prabowo-Gibran itu merata di seluruh wilayah," kata Nachrudin dalam paparan di Jakarta, Ahad (21/1/2024).

Baca Juga

Charta Politika membagi wilayah survei ke dalam sembilan wilayah. Adapun delapan wilayah menempatkan pasangan Prabowo-Gibran unggul, yang mencakup Sumatra, DKI Jakarta dan Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Papua. 

Di Sumatra pasangan Prabowo-Gibran menguasai perolehan suara 41 persen. Disusul pasangan Anies-Muhaimin 36 persen dan Ganjar-Mahfud 22 persen. DKI Jakarta dan Banten, Prabowo-Gibran 36 persen, Anies Muhaimin 34 persen, dan Ganjar-Mahfud 25 persen. 

Di Jawa Barat, Prabowo-Gibran meraih 47 persen, Anies-Muhaimin 26 persen, dan Ganjar-Mahfud 20 persen. Sedangkan di Jawa Tengah dan DIY, perolehan suara diungguli Ganjar-Mahfud 47 persen, Prabowo-Gibran 35 persen dan Anies Muhaimin 14 persen. 

Di Jawa Timur, perolehan suara Prabowo-Gibran 40 persen, Ganjar-Mahfud 32 persen, dan Anies-Muhaimin 28 persen. Untuk di Bali, NTB, NTT, kata Nachrudin, Prabowo-Gibran meraih 52 persen, Ganjar-Mahfud 37 persen, dan Anies-Muhaimin delapan persen.

Di wilayah Kalimantan, Prabowo-Gibran mendapatkan 49 persen, Anies Muhaimin 26 persen, dan Ganjar-Mahfud 24 persen. Di Sulawesi, pasangan Prabowo-Gibran meraup 42 persen, Anies-Muhaimin 39 persen, dan Ganjar-Mahfud 13 persen. 

Terakhir, di Maluku dan Papua, Prabowo-Gibran mendapatkan 50 persen, Ganjar-Mahfud 28 persen, dan Anies Muhaimin 17 persen. "Suara Prabowo hanya mampu dikalahkan pasangan Ganjar-Mahfud di wilayah Jateng dan DIY," ucap Nachrudin.

Survei terbaru Charta Politika dilaksanakan pada rentang 4-11 Januari 2024. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden, memakai metode multistage random sampling dan wawancara tatap muka dengan margin of error adalah 2,82 persen.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَدْ كَانَتْ لَكُمْ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِيْٓ اِبْرٰهِيْمَ وَالَّذِيْنَ مَعَهٗۚ اِذْ قَالُوْا لِقَوْمِهِمْ اِنَّا بُرَءٰۤؤُا مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۖ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاۤءُ اَبَدًا حَتّٰى تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ وَحْدَهٗٓ اِلَّا قَوْلَ اِبْرٰهِيْمَ لِاَبِيْهِ لَاَسْتَغْفِرَنَّ لَكَ وَمَآ اَمْلِكُ لَكَ مِنَ اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍۗ رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَاِلَيْكَ اَنَبْنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ
Sungguh, telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengannya, ketika mereka berkata kepada kaumnya, “Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami mengingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu ada permusuhan dan kebencian untuk selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja,” kecuali perkataan Ibrahim kepada ayahnya, ”Sungguh, aku akan memohonkan ampunan bagimu, namun aku sama sekali tidak dapat menolak (siksaan) Allah terhadapmu.” (Ibrahim berkata), “Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkau kami bertawakal dan hanya kepada Engkau kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali,

(QS. Al-Mumtahanah ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement