Selasa 23 Jan 2024 05:40 WIB

Tips Nonton Konser di Luar Negeri, Persiapkan Ini Sebelum Berangkat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menonton konser di luar negeri.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Konser musik di luar negeri (ilustrasi). Ada beberapa tips bagi yang ingin mendatangi konser musik di luar negeri.
Foto: www.freepik.com.
Konser musik di luar negeri (ilustrasi). Ada beberapa tips bagi yang ingin mendatangi konser musik di luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Antusias masyarakat Indonesia untuk menonton konser di luar negeri seperti Singapura cukup tinggi. Chief Distribution Officer Allianz Utama Indonesia Mariani Solihah mengatakan hal ini bisa terlihat pada tanggal pertunjukan konser tersebut, di mana harga tiket pesawat dan akomodasi di negara tetangga bisa melambung tinggi. 

"Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menonton konser di luar negeri," kata Mariani melalui keterangan tertulis, dikutip Senin (22/1/2024).

Baca Juga

Dia juga berbagi tips untuk menjadikan pengalaman nonton konser di luar negeri menjadi aman dan menyenangkan, sebagai berikut: 

1. Anggaran perjalanan

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah menentukan anggaran perjalanan secara keseluruhan. Ini mencakup biaya tiket pesawat, akomodasi, transportasi lokal, makanan, dan pengeluaran lainnya. Pertimbangkan juga fluktuasi mata uang dan perbedaan harga di negara yang akan kamu kunjungi. Buat daftar rinci semua biaya yang mungkin akan dikeluarkan dan tetapkan anggaran yang realistis.

2. Tiket konser/event

Pastikan sudah membeli atau memiliki tiket konser atau tiket event. Pantau terus informasi penjualan tiket di website atau media sosial resmi. Apabila mau nonton konser, pastikan juga telah memilih area tempat duduk sesuai budget dan preferensi menikmati konser tersebut. 

3. Tempat penginapan yang dekat lokasi konser 

Setelah urusan pertiketan beres, langsung pesan tempat penginapan terdekat dari venue atau lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi umum. Lokasi penginapan yang dekat dengan tempat acara yang ingin dituju bisa memangkas ongkos transportasi, dimana kita ketahui bahwa biaya transport di negara seperti Singapura lebih mahal.

Terlebih lagi, biasanya acara musik selesai mendekati tengah malam dimana pilihan transportasi semakin sedikit. Jadi, jika lokasi penginapan masih tergolong walking distance, hal ini akan sangat menghemat pengeluaran selama trip.

4. Pastikan paspor masih aktif

Selanjutnya, periksa persyaratan paspor, juga visa jika dibutuhkan, dan dokumen perjalanan untuk negara yang akan dikunjungi. Untuk negara di ASEAN seperti Singapura memang tidak diperlukan visa, namun beberapa negara memerlukan visa sebelum masuk, sedangkan negara lain memberikan visa on arrival.

Sempatkan waktu untuk memeriksa persyaratan ini dan memprosesnya sesuai dengan jangka waktu yang diperlukan. Jika negara tujuan membutuhkan visa, biasanya melibatkan biaya tambahan, jadi pastikan untuk menganggarkan dana.

5. Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan bisa mencakup perlindungan terhadap penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, perlindungan bagasi/barang hingga kecelakaan. Memliki proteksi pada saat melakukan perjalanan dapat menjaga keseruan yang didapatkan dari menonton konser, sehingga tidak menjadi keribetan saat terjadinya risiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement