Rabu 24 Jan 2024 00:06 WIB

Kebiasaan Bangun Tidur yang Ternyata Buruk Bagi Tubuh, Masih Sering Dilakukan Orang

Ada 1 kebiasaan setelah bangun tidur yang paling dihindari oleh pakar tidur.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang tidak beranjak dari kasur setelah bangun tidur (ilustrasi). Kebiasaan tersebut dinilai akan memberikan efek buruk bagi tubuh.
Foto: ww.freepik.com
Seseorang tidak beranjak dari kasur setelah bangun tidur (ilustrasi). Kebiasaan tersebut dinilai akan memberikan efek buruk bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas yang dilakukan sesaat setelah bangun tidur bisa memengaruhi performa sepanjang hari. Bahkan, aktivitas tersebut juga bisa menentukan kualitas tidur saat malam hari tiba.

"Kebiasaan sehat pada pagi hari dapat menciptakan ritme sirkadian yang kuat, mendorong kesegaran di sepanjang hari, dan memunculkan rasa kantuk di malam hari," ujar psikiater sekaligus pakar ilmu tidur, dr Chester Wu, seperti dilansir Huffington Post pada Selasa (23/1/2024).

Baca Juga

Di sisi lain, kebiasaan kurang baik yang dilakukan sesaat setelah bangun tidur bisa memberikan efek sebaliknya. Kebiasaan buruk setelah bangun tidur yang paling dihindari banyak pakar ilmu tidur adalah tidak segera beranjak dari kasur setelah bangun.

Sayangnya, kebiasaan ini cukup umum dilakukan oleh banyak orang. Sebagian orang misalnya, suka bersantai di kasur sambil memainkan ponsel sejenak sesaat setelah bangun tidur.