Rabu 24 Jan 2024 15:20 WIB

KAI Luncurkan Tiga KA Baru di Jalur Selatan, Ini Daftarnya

Tarif KA Papandayan, di banderol dengan harga Rp 252 ribu.

Red: Lida Puspaningtyas
Dirut PT KAI Didiek Hartantyo menyampaikan sambutan saat peluncuran  KA Papandayan dan KA pangandaran, di Stasiun Garut, Jawa Barat, Rabu (24/1/2024). Selain untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dengan beroprasinya dua kereta ini diharapkan akan memperkuat konektivitas antar wilayah di Jawa Barat serta membuka banyak peluang untuk pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Dirut PT KAI Didiek Hartantyo menyampaikan sambutan saat peluncuran KA Papandayan dan KA pangandaran, di Stasiun Garut, Jawa Barat, Rabu (24/1/2024). Selain untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dengan beroprasinya dua kereta ini diharapkan akan memperkuat konektivitas antar wilayah di Jawa Barat serta membuka banyak peluang untuk pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan tiga KA baru pada Rabu (24/1/2024) ini, yaitu KA Papandayan Ekspres (Garut-Gambir), KA Pangandaran (Banjar-Gambir), dan KA Malabar keberangkatan pagi hari (Bandung-Malang), demi meningkatkan aksesibilitas di jalur selatan Jabar.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo di Bandung, Rabu, mengatakan bahwa peluncuran KA Papandayan ini memberikan pilihan perjalanan kepada pelanggan KA khususnya dari Stasiun Garut ke Jakarta yang selama ini hanya dilayani oleh KA Cikuray relasi Garut-Cibatu-Kiaracondong-Pasarsenen.

Baca Juga

Sementara KA Pangandaran memberikan pilihan bagi pelanggan KA dari arah Jakarta menuju Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, hingga Banjar atau sebaliknya. Adapun KA Malabar yang sebelumnya keberangkatan dari Stasiun Bandung hanya pukul 17.20 WIB, saat ini ditambah keberangkatan pagi pukul 09.50 WIB menuju Stasiun Malang.

"KAI terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA. Dioperasikannya KA Pangandaran dan Papandayan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran atau sebaliknya," kata Didiek.

Didiek mengatakan bahwa peluncuran tiga kereta baru yang terdiri dari dua kelas layanan yaitu Kelas Eksekutif dan Kelas Ekonomi, diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas dan efeknya sampai pada sektor pariwisata.

"Dengan aksesibilitas ini, sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya, dan perekonomian di Jawa Barat," ucap Didiek.

Tarif KA Papandayan, di banderol dengan harga Rp 252 ribu untuk kelas eksekutif, dan Rp 156 ribu untuk kelas ekonomi. Adapun tarif KA Pangandaran di banderol dengan harga Rp 296 ribu untuk kelas eksekutif, dan Rp 180 ribu untuk kelas ekonomi.

Sementara untuk tarif KA Malabar keberangkatan pagi dengan harga Rp 420 ribu untuk kelas eksekutif, dan Rp 240 ribu untuk kelas ekonomi.

"Tarif tersebut merupakan tarif promo 20 persen yang berlaku hingga 31 Januari 2024," ucapnya.

Peresmian peluncuran tiga KA ini dilaksanakan pada Rabu ini di Stasiun Garut pada pukul 12.30 WIB.

Adapun jadwal keberangkatan tiga KA baru tersebut:

1. KA Papandayan:

- Berangkat dari Stasiun Garut jam 12.30 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 17.45 WIB (berangkat dari Stasiun Bandung jam 15.00 WIB)

- Berangkat dari Stasiun Gambir jam 06.30 WIB, tiba di Stasiun Garut jam 11.20 WIB (tiba di Stasiun Bandung jam 09.15 WIB)

2. KA Pangandaran:

- Berangkat dari Stasiun Banjar jam 16.55 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 00.49 WIB (berangkat dari Stasiun Bandung jam 22.00 WIB).

- Berangkat dari Stasiun Gambir jam 09.30 WIB, tiba di Stasiun Banjar jam 16.25 WIB (tiba di Stasiun Bandung jam 12.15 WIB)

3. KA Malabar keberangkatan pagi:

- Berangkat dari Stasiun Malang jam 05.40 WIB, tiba di Stasiun Bandung jam 17.58 WIB

- Berangkat dari Stasiun Bandung jam 09.50 WIB, tiba di Stasiun Malang jam 22.55 WIB

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement