Rabu 24 Jan 2024 17:08 WIB

Disperindag Jabar Telah Benahi 20 Pasar, Tahun Ini Daerah Banyak yang Ajukan Revitalisasi

Jabar terima banyak usulan terkait bantuan keuangan untuk revitalisasi pasar

Red: Arie Lukihardianti
Kadisperindag Jabar Noneng Komara Nengsih meninjau pasar
Foto: Dok Republika
Kadisperindag Jabar Noneng Komara Nengsih meninjau pasar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat memastikan revitalisasi pasar yang bersumber dari anggaran bantuan keuangan (Bankeu) untuk kabupaten/kota wajib harus melalui proses yang ketat dan akuntabel.

Disperindag Jabar sendiri hingga 2023 lalu telah merevitalisasi 20 pasar rakyat di 16 kabupaten kota. Jumlah pasar yang direvitalisasi setiap tahunnya bervariasi. Misalnya, pada 2019 hanya 7 pasar, tahun 2020 sebanyak 1 pasar, pada 2021 ada 13 pasar, kemudian 2022 ada 1 pasar, dan 2023 sebanyak 3 pasar.

Baca Juga

Menurut Kadisperindag Jabar Noneng Komara Nengsih, pihaknya menerima banyak usulan terkait bantuan keuangan untuk revitalisasi pasar dari kabupaten/kota. Usulan-usulan tersebut,  wajib mengikuti tahapan pengusulan bantuan keuangan tahun anggaran 2024.

Tahapan tersebut, kata dia, sudah dimulai sejak Januari 2023. Disperindag Jabar,  sudah mengusulkan bantuan keuangan ke Bappeda Jabar. Kemudian berlanjut ke penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis bantuan keuangan oleh pihaknya.