Kamis 25 Jan 2024 00:41 WIB

Empat Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan dari Popcorn

Popcorn memiliki banyak serat dan antioksidan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Di balik kerenyahan popcorn tersimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan.
Foto: www.pxhere.com
Di balik kerenyahan popcorn tersimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Popcorn tak hanya melekat erat sebagai teman menonton di bioskop, tetapi juga sebagai cemilan yang populer di berbagai kelompok usia. Siapa sangka, di balik kerenyahan popcorn tersimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. 

Sebagai cemilan yang rendah kalori, popcorn juga memiliki banyak serat dan antioksidan. Baik serat maupun antioksidan dikenal dapat membantu mencegah sejumlah risiko masalah kesehatan.

Baca Juga

Selain itu, popcorn diketahui mengandung sejumlah zat gizi yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Beberapa contohnya adalah folat, niacin, riboflavin, thiamin, pantothenic acid, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Setidaknya, ada empat manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi popcorn. Berikut ini adalah keempat manfaat tersebut, seperti dilansir WebMD pada Rabu (24/1/2024).

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Konsumsi makanan whole grain seperti popcorn bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Indeks glikemik popcorn juga terbilang rendah sehingga dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, terutama bagi penyandang diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Asupan serat yang tinggi, termasuk serat dari popcorn, bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, kandungan serat yang tinggi di dalam popcorn mampu membantu memenuhi kebutuhan asupan serat yang penting bagi pola makan seimbang. 

3. Menurunkan Risiko Hipertensi

Konsumsi popcorn tanpa tambahan topping garam atau mentega yang tinggi juga dapat menunjang pengelolaan tekanan darah. Bahkan, konsumsi popcorn minim garam dan mentega juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

4. Membantu Pengelolaan Berat Badan

Hidangan popcorn tak hanya mengandung beragam zat gizi tetapi juga tinggi akan serat. Oleh karena itu, popcorn dapat menjadi opsi cemilan yang mengenyangkan sekaligus rendah kalori bagi orang-orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Hal yang perlu diwaspadai....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement