Kamis 25 Jan 2024 12:58 WIB

Houthi Kembali Targetkan Kapal Kargo Amerika di Laut Merah

Rudal Houthi ditembakkan ke arah kapal kontainer M/V Maersk Detroit.

Rep: Lintar Satria/ Red: Setyanavidita livicansera
foto yang disediakan oleh Kementerian Pertahanan Inggris  rudal Sea Viper ditembakkan di Laut Merah pada Rabu, (10/1/2024
Foto: UK Ministry of Defence via AP
foto yang disediakan oleh Kementerian Pertahanan Inggris rudal Sea Viper ditembakkan di Laut Merah pada Rabu, (10/1/2024

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Kelompok Houthi Yaman kembali menargetkan kapal dagang Amerika Serikat (AS) dengan rudal saat melintas di Laut Merah, Rabu (24/1/2024). Namun rudal Houthi berhasil ditembak jatuh oleh kapal perang AS yang bersiaga di wilayah perairan tersebut.

“Ada tiga rudal Houthi yang ditembakkan ke dua kapal dagang di Laut Merah bagian selatan. Satu rudal meleset dan dua lainnya ditembak jatuh oleh kapal perusak Angkatan Laut AS,” kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby, dikutip laman Al Arabiya.

Baca Juga

“Ini jelas menggarisbawahi bahwa Houthi masih berniat melakukan serangan-serangan ini, yang berarti kita masih harus melakukan apa yang harus kita lakukan untuk melindungi pengiriman tersebut,” tambah Kirby.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan rudal-rudal Houthi ditembakkan ke arah kapal kontainer M/V Maersk Detroit yang berbendera, dimiliki, dan dioperasikan AS. Namun CENTCOM tidak menyebutkan kapal kedua yang menjadi sasaran. “Tidak ada laporan korban luka atau kerusakan pada kapal tersebut,” kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan.