Kamis 25 Jan 2024 15:40 WIB

Ulang Pernyataan yang Sama, Xavi Siap Hengkang Jika Barcelona tanpa Trofi di Musim Ini

Barcelona takluk 2-4 dari Athletic Bilbao di perempat final Copa del Rey.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain Barcelona Marc Guiu (Kiri) berjalan saat para pemain Athletic Bilbao merayakan gol ketika kedua tim berhadapan di prempat final Copa del Rey. Bilbao menang 4-2.
Foto: AP Photo/Alvaro Barrientos
Pemain Barcelona Marc Guiu (Kiri) berjalan saat para pemain Athletic Bilbao merayakan gol ketika kedua tim berhadapan di prempat final Copa del Rey. Bilbao menang 4-2.

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Xavi Hernandez kembali membahas potensi dirinya hengkang dari Barcelona. Ini setelah Barca meraih hasil buruk di Copa del Rey musim 2023/24.

Barca sudah tersingkir dari turnamen tersebut. Blaugrana bertemu tuan rumah Athletic Bilbao di perempat final Copa del Rey. Raksasa Katalunya takluk 2-4 dari Bilbao di Stadion San Memes, Kamis (25/1/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

"Saat hasil undian keluar, saya katakan, kami tidak beruntung, karena satu pertandingan di San Memes, selalu sangat sulit," kata Xavi, dikutip dari Football Espana.

Sebelumnya, ia pernah menyinggung prospek kepergiannya dari Barcelona. Itu jika klub menyelesaikan musim ini tanpa trofi. Barcelona sudah kalah di final Piala Super Spanyol 2024.

Kini, El Barca dihajar Bilbao di Copa del Rey. Xavi tersudut. Ia mengulang kembali topik yang ia sempat bahas, dalam konferensi pers kali ini.

"Apa yang saya katakan adalah saya harus pergi jika saya tidak memenangkan gelar, atau jika kami tidak bersaing memperebutkan gelar. Hari ini kami bersaing memperebutkan gelar, tetapi pada akhirnya, hal yang sama terjadi di semua klub besar. Jika pada akhir musim kami tidak berada pada level kompetitif, saya akan pergi," ujar entrenador 44 tahun itu.

Ia selalu menunjukkan  rasa banggannya melatih Barcelona. Ia melihat Barca memiliki masa depan cerah. Ada banyak pemain muda yang sudah membuat perbedaan meski belum mencapai puncaknya.

Dua di antaranya Gavi, serta Lamine Yamal. Xavi memprediksi para wonderkid tersebut akan berkembang pesat di tahun-tahun mendatang sehingga berdampak positif bagi klub.

Pada saat yang sama, ia diharuskan mengangkat prestasi Blaugrana kembali ke level elite, secepat mungkin. Minimal mendekati era ketika dia bermain. Sang arsitek merupakan mantan kapten dan termasuk legenda hidup Raksasa Katalunya.

Saatnya fokus ke agenda berikutnya. Barcelona masih memiliki dua kompetisi tersisa. Pertama, La Liga Spanyol. Berikutnya, Liga Champions.

Barca akan menghadapi Villarreal pada journada ke-21 La Liga. Duel tersebut berlangsung di Estadi Olimpic Lluis Companys, Ahad (28/1/2024) pukul 00.30 WIB.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement