Kamis 25 Jan 2024 16:16 WIB

Makna Dzikir dan Mengapa Sering Dijadikan Ajaran Kaum Sufi

Dzikir merupakan ibadah yang paling mudah dikerjakan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Dzikir
Foto: republika
Dzikir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dzikir merupakan ibadah yang paling mudah dikerjakan. Sebenarnya, apa makna dzikir dan mengapa ibadah ini sering dijadikan ajaran bagi kaum sufi?

Khalilurrahman Al Mahfani dalam buku Keutamaan Doa dan Dzikir untuk Hidup Bahagia Sejahtera menjelaskan makna dzikir secara zahir atau bahasa adalah mengingat. Sedangkan dalam istilah, dzikir bermakna sebuah peresapan diri untuk senantiasa mengingat dan berkomunikasi kepada Allah SWT.  

Baca Juga

KH Ali Mustafa Yaqub dalam buku Fatwa Imam Besar Masjid Istiqlal menjelaskan, umat Islam dianjurkan untuk membaca dzikir sebanyak dan sesering mungkin. Dan dzikir telah menjadi ajaran kaum sufi, selama lafadznya masih dalam batas-batas yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Maka, itu ibadah yang sederhana ini sangat dianjurkan. Berbeda halnya jika lafadz dzikir telah keluar dari batasan agama, kata Kiai Ali, maka lebih baik ditinggalkan.

Adapun dzikir yang berkenaan dengan ibadah merupakan dzikir yang secara langsung dicontohkan oleh Rasulullah SAW hukumnya adalah wajib sebagaimana bacaan dzikir yang ada di dalam sholat. Hal ini sebagaimana yang disinggung di dalam Alquran.

Allah SWT berfirman dalam...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement