Kamis 25 Jan 2024 18:01 WIB

Google Chrome Tambahkan Tiga Fitur AI Generatif Baru yang Mudahkan Pengguna Menjelajah

Penambahan baru ini mencakup pengatur tab dan asisten menulis.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Google Chrome. Google telah merilis Chrome M121 baru-baru ini yang akan memperkenalkan fitur AI generatif baru yang bisa membuat browser lebih mudah digunakan.
Foto: Mashable
Google Chrome. Google telah merilis Chrome M121 baru-baru ini yang akan memperkenalkan fitur AI generatif baru yang bisa membuat browser lebih mudah digunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah merilis Chrome M121 baru-baru ini. Perusahaan mengumumkan akan memperkenalkan fitur AI generatif baru yang bisa membuat browser lebih mudah digunakan. 

Penambahan baru ini mencakup pengatur tab, asisten menulis yang membantu menyusun teks dan opsi untuk menyesuaikan selera wallpaper dan tema di seluruh browser. Tombol “AI Eksperimental” harus diaktifkan di halaman Pengaturan untuk mengakses fitur-fitur ini.

Baca Juga

Tab Organizer

AI bawaan akan secara otomatis merekomendasikan cara untuk mengklasifikasikan setiap tab yang terbuka di jendela Chrome dan menyarankan opsi untuk membuat grup. Ini mungkin berguna jika pengguna membuka banyak tab berulang. 

"Saat Anda mengklik 'Atur Tab Serupa', AI akan mengumpulkan halaman-halaman terbuka berdasarkan topik. Misalnya, tab yang berkaitan dengan belanja mungkin berkumpul bersama dan AI dapat menyarankan nama seperti 'Peralatan belanja perjalanan ski," demikian laporan seperti dilansir dari Engadget, Rabu (24/1/2024).

Asisten teks 

Chrome juga kemungkinan memiliki beberapa aplikasi praktis. Ini akan diluncurkan sebagai alat eksperimental yang akan membantu pengguna menyusun teks, termasuk ulasan Google atau postingan media sosial. Untuk mengaktifkannya saat diluncurkan, pengguma perlu memilih "Bantu saya menulis" agar alat tersebut menyelesaikan kalimat atau menyarankan opsi untuk melanjutkan teks.

Cuatom visual browser

Penyesuaian bukanlah hal baru bagi sebagian besar alat Google seperti Mail atau Doc. Pembaruan kini juga dilakukan pada browser web Chrome. Pengguna dapat mempersonalisasi visual browser, sesuatu yang dianggap perusahaan sebagai perpanjangan dari wallpaper AI yang baru-baru ini dibuat untuk ponsel Pixel. 

Untuk melakukannya, pengguna perlu....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement