Kamis 25 Jan 2024 19:41 WIB

Media Korea Beritakan Kasus Dugaan Pelecehan di Fans Sign WayV di Jakarta

Insiden buruk yang terjadi di fans sign Way V di Jakarta.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Grup vokal WayV. Media Korea memberitakan dugaan kasus pelecehan seksual fans oleh petugas keamanan.
Foto: Dokumen
Grup vokal WayV. Media Korea memberitakan dugaan kasus pelecehan seksual fans oleh petugas keamanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kasus dugaan pelecehan di acara fan sign grup WayV di Jakarta diberitakan oleh media korea. Pada 22 Januari, boyband Cina itu kembali ke Jakarta, Indonesia, untuk acara fan sign tatap muka. 

Media Koreaboo, pada Kamis (25/1/2024) memberitakan para penggemar sangat antusias melihat idola tersebut. Namun beberapa hari setelah acara tersebut, para penggemar melalui media sosial mengungkapkan keprihatinan mereka tentang bagaimana fan sign tersebut berlangsung. 

Baca Juga

Untuk memulainya, penggemar yang memenangkan kesempatan fan sign seharusnya memiliki album yang ditandatangani oleh para anggota WayV. Sebaliknya, lebih dari 100 banners tidak resmi ditandatangani, dan Lumina Entertainment, promotor acara tersebut, merilis pernyataan tanggung jawab serta menawarkan pengembalian dana album tersebut. 

“Halo, ini Lumina Entertainment. Kepada seluruh penggemar, Lumina Entertainment meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi pada acara tersebut ‘WayV On Youth Face to Face Album Sign Event in Jakarta’ dikarenakan adanya permasalahan pada proses pendistribusian album fan sign yang menyebabkan beberapa penggemar mengalami permasalahan-permasalahan yang tidak menyenangkan. 

Melalui pernyataan tersebut, Lumina Entertainment menyatakan bahwa segala bentuk kelalaian yang terjadi pada saat acara adalah murni kelalaian kami dan tidak ada kaitannya dengan artis dan manajemen artis. Lumina Entertainment akan memberikan pengembalian dana penuh kepada penggemar untuk album yang seharusnya ditandatangani selama acara.

"Kami akan memberi tahu Anda tentang semua proses pengembalian dana dan tenggat waktu pengembalian dana melalui email yang digunakan untuk membeli album," tulisnya. 

"Sekali lagi, kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh penggemar, artis, dan manajemen artis yang merasa dirugikan. Terima kasih," kata dia.

Banyak juga peserta perempuan yang membahas tindakan petugas keamanan laki-laki yang ditempatkan di ujung meja. Dalam video dan foto yang dibagikan secara daring, penjaga keamanan terlihat menyentuh dan menarik penggemar saat mereka berbicara dengan Yangyang. 

“Aku baru liat ini:’) maaf bgt harus post ini dan maaf bgt buat kakaknyaa, tp kalian bisa liat itu letak tangan bapaknya ada dimanaa,” tulis akun X @coxiecxe***. Dia juga menyertakan foto. 

Akun X lainnya, @xxbedana*** menulis petugas keamanan itu tampaknya bukan staf LUMINA. Dia juga menyertakan video di unggahannya. 

“Ini kayaknya bukan staf LUMINA. Security/bodyguard tuh outscource. Jd gatau mesti adress kemane, krn gatau perusahaan outsource-nya. Tapi gue jelas ga nyaman. Gue tulis kok di video pertama yg gue up ini dr kemaren2,” tulis dia. 

Beberapa penggemar didorong dan ditarik dengan pakaian mereka, dan beberapa yang mengenakan pakaian cropped menyatakan bahwa penjaga menyentuh pinggang-pinggang terbuka mereka. 

“Sayangnya saya juga mengalami hal serupa. Ini sangat mengecewakan dan saya sangat kesal diperlakukan seperti ini pada saat di mana saya seharusnya merasakan dan mengalami kebahagiaan dan kebahagiaan saja. Seperti yang dapat dilihat semua orang di klip, tangan penjaga pria itu + melayang di atas pinggang saya yang terbuka dan dia akhirnya meraih dan menyentuhnya untuk menarik saya menjauh. Tidak hanya itu, saya juga didorong oleh staf wanita seolah-olah saya adalah hama yang menakutkan? Tolong, saya seorang manusia dan saya memenangkan hak saya untuk berada di sana.” tulis akun X @xixoxerx***. _

“Saya sangat menyesal kepada semua gadis yang harus melalui ini, saya harap kalian semua baik-baik saja sekarang atau sudah mendapatkan segala macam bantuan dan dukungan yang layak Anda dapatkan," kata dia.

Penggemar Muslim berhijab juga tak luput dari sentuhan. Dalam Islam, perempuan tidak boleh disentuh oleh laki-laki yang tidak memiliki hubungan dekat dengan mereka karena darah atau pernikahan, sesuatu yang mungkin disadari oleh sebagian besar orang di negara ini (yang berpenduduk hampir 87 persen Muslim). 

Para penggemar berbagi pengalaman negatif secara daring, menuntut promotor untuk mengambil tanggung jawab lebih besar atas apa yang terjadi. Banyak juga yang menghubungi layanan lokal yang menyediakan para pengawal tersebut. 

“Baru saja melihat video saya lagi dan menemukan ini. aku sangat marah. @luminaent tidak hanya tidak profesional dan tidak bertanggung jawab tetapi staf mereka terus-menerus MENYENTUH PARA PENGGEMAR. ini benar-benar pelecehan dan penyerangan. #BoikotLumina #WayV_OnMyYouth_JAKARTA #WayV_OnMyYouth_FANSIGN,”tulis akun X @lolxlxvxco. Dia menyertakan video di unggahannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement