Jumat 26 Jan 2024 09:15 WIB

Ketum PSSI Ingatkan Perjuangan Belum Berakhir

Timnas Indonesia akan menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Selasa (23/1/2024).
Foto: ANTARAFOTO/Yusran Uccang
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Selasa (23/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengapresiasi sepak terjang tim nasional Indonesia di Piala Asia 2023. Pasukan Garuda lolos ke babak 16 besar turnamen tersebut.

Ini setelah duel antara Kyrgyztan versus Oman di Grup F berkesudahan imbang. Papan skor di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis (25/1/2024) malam WIB menunjukkan angka 1-1. Keadaan demikian membuat awak merah-putih menjadi bagian dari salah satu peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga

"Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di babak 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan timnas Indonesia," tulis Erick di instgramnya, dikutip pada Jumat (26/1/2024).

Dramatis. Setelah Bahrain mampu mengatasi Yordania, peluang skuad polesan Shin Tae-yong melaju ke tahapan berikutnya menipis. Namun segala sesuatu bisa terjadi dalam sepak bola.

Terlihat para penggawa Garuda memantau laga antara Kyrgyztan melawan Oman dari hotel tempat menginap. Setelah hasilnya imbang, Jordi Amat dan rekan-rekan merayakan dengan girangnya. Petualangan mereka di Qatar berlanjut.

"Perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan ofisial untuk bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar. Serta doa seluruh masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti untuk timnas.

"Perjuangan belum selesai, kita berikan yang terbaik untuk membawa Garuda mendunia," ujar Erick.

Tak berlebihan apa yang dikatakan sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini. Selanjutnya, Indonesia bertemu Australia. Laga ini dimainkan di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Ahad (28/1/2024), pukul 18.30 WIB.

Jelas, itu bukan partai yang mudah bagi pasukan Garuda. Lawan berada di level top dunia. The Socceroos kini menempati urutan ke-25 FIFA, jauh meninggalkan awak merah putih di tangga ke-146.

Namun, Justin Hubner dan rekan-rekan harus berjuang sampai titik darah penghabisan. Ini sepak bola. Semua perlu dibuktikan di lapangan.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D di Piala Asia 2023 ini, bersama Irak, Vietnam, serta Jepang. Pada partai pertama, pasukan Garuda takluk 1-3 dari Irak. Selanjutnya, Marselino Ferdinan dkk mengalahkan Vietnam, 1-0. Lalu di pertandingan pamungkas babak penyisihan, awak merah-putih kalah 1-3 saat berhadapan dengan Samurai Biru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement