Jumat 26 Jan 2024 23:03 WIB

Buka Pasar Penyeimbang, Gubernur Sugianto Siapkan 2.000 Paket Sembako yang Disubsidi Pemda

Pemprov Kalteng siapkan paket senilai Rp 150 ribu yang dijual Rp 130 ribu

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo buka Pasar Penyeimbang yang berlokasi di Kantor Camat Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (26/1/2024) sore. Nampak masyarakat setempat antusias menunggu dibukanya Pasar Penyeimbang tersebut sejak pukul 1 siang.
Foto: dok Pemprov Kalteng
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo buka Pasar Penyeimbang yang berlokasi di Kantor Camat Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (26/1/2024) sore. Nampak masyarakat setempat antusias menunggu dibukanya Pasar Penyeimbang tersebut sejak pukul 1 siang.

REPUBLIKA.CO.ID, PULANG PISAU -- Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo buka Pasar Penyeimbang yang berlokasi di Kantor Camat Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (26/1/2024) sore. Nampak masyarakat setempat antusias menunggu dibukanya Pasar Penyeimbang tersebut sejak pukul 1 siang. 

Wagub mengatakan kedatangan Gubernur dan rombongan di Kabupaten Pulang Pisau ini dalam rangka bersilaturahim dan menyapa masyarakat Kabupaten Pulang Pisau. "Kegiatan Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan untuk menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat yang ada di Kabupaten Pulang Pisau," ujarnya. 

Wagub berharap kegiatan Pasar Penyeimbang ini bisa mengurangi beban masyarakat setempat dalam menghadapi inflasi yang terjadi. "Kita juga berharap masyarakat Pulang Pisau bisa hidup rukun, damai, dan kompak," imbuhnya. 

Pada momen yang sama, Ketua TP PKK Prov. Kalteng sekaligus Bunda PAUD Kalteng Ivo Sugianto Sabran berkesempatan menyapa dan berdialog dengan para ibu yang membawa anaknya pada kegiatan Pasar Penyeimbang tersebut. Ia mengingatkan pentingnya memberikan ASI kepada anak guna mencegah stunting. 

"Saya juga minta kepada Perangkat Daerah Kabupaten terkait, agar Posyandu di sini selalu aktif, dalam rangka mewujudkan generasi sehat dan unggul," ungkapnya. 

Sementara itu, Gubernur Kalteng menyampaikan, pada Pasar Penyeimbang ini disediakan 2000 paket sembako senilai Rp 150 ribu per paket, tetapi disubsidi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebesar Rp 130 ribu , sehingga harganya cuma Rp 20 ribu saja.

"Sama seperti sebelumnya di Kabupaten Kotawaringin Timur, saya akan memberikan subsidi lagi senilai 20 ribu rupiah per paket, sehingga paket sembako ini gratis," ucapnya.  

Usai buka Pasar Penyeimbang di Kecamatan Jabiren Raya, Gubernur, Wagub beserta rombongan sambangi Pasar Penyeimbang yang berlokasi di depan Stadion HM Sanusi, Kabupaten Pulang Pisau. 

photo
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo buka Pasar Penyeimbang yang berlokasi di Kantor Camat Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (26/1/2024) sore. Nampak masyarakat setempat antusias menunggu dibukanya Pasar Penyeimbang tersebut sejak pukul 1 siang. - (dok Pemprov Kalteng)

 

Setibanya di sana, Wagub mengatakan kegiatan Pasar Penyeimbang ini sudah dilaksanakan untuk kesekian kalinya. "Mulai dari beberapa kecamatan di Kotawaringin Timur, dan tadi juga sudah dilaksanakan di Jabiren Raya, besok di Kapuas, dan besoknya lagi akan ke wilayah timur, daerah Barito, dan berakhir di Kota Palangka Raya," jelasnya. 

Wagub berpesan kepada masyarakat yang hadir untuk menjaga pembangunan daerah yang telah dilakukan oleh Gubernur dan Pj Bupati beserta jajaran, agar bisa berkembang dan tahan lama.

"Kita harapkan dengan adanya Pasar Penyeimbang ini, harga kebutuhan pokok bisa terjamin dan inflasi Kalteng terkendali," bebernya. 

Hal senada juga disampaikan Ketua TP PKK Prov Kalteng, yang berharap kegiatan Pasar Penyeimbang ini bisa mempererat tali silaturahmi antara Gubernur beserta jajaran dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau. 

Sementara, Gubernur Kalteng berpesan kepada para orang tua yang hadir agar anak-anak mereka tidak putus sekolah sampai di bangku SMA saja, tetapi bisa melanjutkan pendidikan ke S1 dan jenjang yang lebih tinggi lagi. 

"Jangan pernah menyerah memerangi kemiskinan keluarga, harus semangat sesuai motto kita Isen Mulang Pantang Mundur," tegas Gubernur. 

Orang nomor satu di Kalteng itu pun menegaskan agar putra putri terbaik Kalteng harus menjadi pemimpin Kalteng ke depan, bukan dari orang luar. 

"Saya juga mengimbau kepada Bapak Ibu semua untuk datang dan mencoblos di TPS pada tanggal 14 Februari mendatang. Kita harus sama-sama menjaga kerukunan dan kedamaian, juga kondusif, jangan sampai adanya perpecahan saat pemilihan presiden nanti," pungkasnya. 

Pada Pasar Penyeimbang di depan Stadion HM Sanusi ini, disediakan 4000 paket sembako senilai Rp 150 ribu per paket. Sama seperti sebelumnya, paket sembako ini disubsidi Pemerintah Provinsi sebesar Rp 130 ribu dan disubsidi lagi oleh Gubernur sebesar 20 ribu rupiah, sehingga paket sembako tersebut digratiskan untuk masyarakat.

Sebagai informasi paket sembako pada Pasar Penyeimbang di Kabupaten Pulang Pisau ini berisikan beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, sarden 1 kaleng, dan mie instan 2 bungkus.

Nampak hadir Anggota DPR RI Dapil Kalteng sekaligus Ketua DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani beserta jajaran, serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement