Sabtu 27 Jan 2024 07:31 WIB

Jangan Asal Memberi Pinjaman Utang, Cek Syaratnya Agar tidak Menabrak Syariat

Hukum memberi utang dianjurkan bagi seseorang yang mampu meminjamkannya.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Sebagai seorang umat muslim, urusan utang ada adab dan etikanya. (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Sebagai seorang umat muslim, urusan utang ada adab dan etikanya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang dalam perkara utang-piutang tentunya sah-sah saja atau diperbolehkan dalam Islam. Namun demikian, baik peminjam maupun orang yang memberikan pinjaman wajib memperhatikan ketentuan syariat.

Syekh Abu Bakar Jabir Al Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menjelaskan, pinjaman utang (qardh) secara istilah syariat berarti menyerahkan uang kepada orang yang dapat memanfaatkannya. Lalu, meminta pengembaliannya sebesar uang tersebut.

Baca Juga

Misalnya, orang yang membutuhkan itu berkata kepada orang yang dapat membantunya, “Pinjamkanlah kepadaku uang sebesar sekian atau perabotan atau binatang selama waktu tertentu, niscaya aku akan mengembalikannya pada waktunya.”

Adapun hukum qardh dianjurkan bagi seseorang yang mampu meminjamkannya. Hal ini berdasarkan firman Allah Surat Al Hadid ayat 11:

مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يُقۡرِضُ اللّٰهَ قَرۡضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗ وَلَهٗۤ اَجۡرٌ كَرِيۡمٌ

“Man zal lazii yuqridul laaha qardan hasanan fa yudaa'ifahuu lahuu wa lahuuu ajrun kariim.”

Yang artinya, “Barangsiapa meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan mengembalikannya berlipat ganda untuknya, dan baginya pahala yang mulia.”

Syarat Memberi Pinjaman Utang (Qardh) dalam Islam

1. Jumlah pinjaman harus diketahui baik itu takaran, timbangan, maupun besarannya.

2. Sifat dan umurnya harus diketahui, jika pinjaman itu berupa binatang.

3. Pinjaman berasal dari seseorang yang dihukumi sah bantuannya. Sehingga tidak sah pinjaman yang berasal dari seseorang yang tidak kuasa melakukan tindakan hukum dan tidak pula dari seseorang yang tidak sehat akalnya.

Adapun salah satu ketentuan hukum bagi pemberi pinjaman adalah keharaman dalam mengambil keuntungan dari barang pinjaman dengan menambah jumlah pembayaran pinjaman. Atau meminta pengembalian barang pinjaman dengan yang lebih baik atau keuntugan lainnya yang keluar dari akad utang-piutang  jika hal itu disyaratkan dan merupakan kesepakatan antara keduanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement