Ahad 28 Jan 2024 14:18 WIB

Aksi Boikot Tetap Kencang, Bisnis Lokal Dapat 'Durian Runtuh'

Di sejumlah negara, boikot berdampak signifikan terhadap bisnis merek-merek Amerika.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Starbucks Signing Store pertama di Indonesia.
Foto: Republika/Nora Azizah
Starbucks Signing Store pertama di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Yordania, banyak kedai Starbucks dan McDonald’s yang sebagian besar masih kosong meskipun boikot dimulai pada Oktober.

Para pengunjung biasanya hanya melihat bangku-bangku dan bilik-bilik kosong yang ditempati para pekerja, dan para kasir duduk di konter mereka. Supermarket di Yordania juga memasang label pada sejumlah besar merek asing yang menggambarkan produk tersebut sebagai barang yang diboikot.

Baca Juga

Di Kuwait, gerai Starbucks yang biasanya ramai di kawasan sibuk telah menyaksikan banyak pelanggan yang datang langsung sejak awal Oktober. Boikot tersebut telah meningkatkan penjualan kedai kopi lokal. Meskipun, Starbucks pada pernyataan menegaskan tidak memiliki agenda politik dan tidak menggunakan keuntungan kami untuk mendanai operasi pemerintah atau militer di mana pun.

Presiden dan CEO Kalinowski Equity Research, Mark Kalinowski, mengatakan, pukulan boikot terhadap penjualan saat ini pun dapat mengurangi keinginan para pewaralaba untuk berekspansi ke wilayah Timur Tengah, demikian dilansir Bloomberg, Ahad (28/1/2024).

Sementara itu, beberapa bisnis lokal di Timur Tengah mengatakan mereka mendapat keuntungan dari penolakan terhadap merek luar negeri. Pendiri Astrolabe, Moath Fauri, jaringan kopi Yordania, mengurangi sebanyak mungkin produk Amerika dan Prancis di tujuh cabang di Amman dan mencari bahan-bahan seperti sirup rasa secara regional.

Dia mengatakan bisnisnya berkembang pesat setelah boikot, dengan penjualan melonjak 30 persen di beberapa lokasi karena penduduk setempat menolak Starbucks. Di Mesir, Spiro Spathis, merek soda lokal berusia 100 tahun, yang telah berjuang untuk menghidupkan kembali popularitasnya yang memudar, mengalami peningkatan penjualan dalam tiga bulan terakhir.

"Tiba-tiba kami dibombardir dengan pesanan dari supermarket dan restoran. Kami berusaha keras memenuhi permintaan tersebut. Klien akan pergi ke restoran dan meminta merek kami atau setidaknya menolak meminum minuman yang ada dalam daftar boikot," ujar Direktur Komersial Youssef Atwan 

Di Turki, beberapa pejabat telah mendorong boikot terhadap Coca-Cola. Meskipun minuman tersebut masih tersedia secara luas di supermarket dan restoran, parlemen Turki pada bulan November mengatakan akan menghapus Coke dari kafetaria.

Dampaknya akan menjadi lebih jelas ketika perusahaan-perusahaan soda AS melaporkan pendapatannya pada bulan Februari, namun anjloknya penjualan distributor Coke di Turki, di mana volume pada kuartal keempat turun 22 persen menimbulkan tanda bahaya.

Dampak boikot sebagian besar terlihat di negara-negara seperti Yordania, Kuwait, dan Mesir. Di Uni Emirat Arab – yang hanya dihuni sekitar 10 juta orang, sebagian besar adalah ekspatriat – hanya ada sedikit dampak dramatis yang terlihat.

Namun bahkan ada beberapa pemilik usaha kecil yang memilih untuk mengambil sikap. Bait Maryam, sebuah restoran di Dubai, mengganti semua minuman bersoda dengan merek lokal pada awal Oktober. Seorang juru bicara mengatakan pelanggannya mendukung perubahan tersebut.

Di negara dengan perekonomian terbesar di Timur Tengah, Arab Saudi, dampaknya lebih sulit untuk diperkirakan. Terdapat sedikit seruan publik untuk melakukan boikot terhadap media sosial di kerajaan tersebut, ketika pemerintah berusaha mengendalikan sebagian besar jenis aktivisme. Namun beberapa gerai jaringan televisi AS sebagian besar kosong.

McDonald's menjadi sasaran boikot di beberapa bagian wilayah tersebut setelah foto dan video di media sosial menunjukkan toko-toko waralaba di Israel memberikan makanan kepada tentara negara tersebut setelah serangan 7 Oktober.

Setelah itu, pemegang waralaba merek tersebut di Arab Saudi mengeluarkan pernyataan yang menyatakan simpati terhadap warga Palestina dan menyumbangkan 2 juta riyal Saudi untuk upaya bantuan Gaza. Tindakan serupa juga dilakukan oleh franchisee di negara lain dengan populasi Muslim yang besar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement