Ahad 28 Jan 2024 16:22 WIB

Loud Budgeting Melawan Perubahan Gaya Hidup

Para pelaku loud budgeting berusaha mengurangi acara sosial yang kurang manfaat.

Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi mengurangi makan di restoran.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi mengurangi makan di restoran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gaya hidup yang menurun, atau ketika seseorang meningkatkan pengeluarannya seiring dengan bertambahnya penghasilan, merupakan faktor lain yang membebani kelompok dewasa muda. 

Dilansir Business Insider, baru-baru ini, pengguna TikTok Mia Westrap, yang menggunakan akun @miawestrap, mendokumentasikan cara ia memanfaatkan loud budgeting. Ia kemudian mencatat dan membuat rencana keuangan yang realistis, makan lebih sedikit, dan mengurangi hal-hal seperti mengecat rambut.

Baca Juga

Ia menjelaskan, hal tersebut menjadi tujuannya setelah menyadari gaya hidup yang buruk telah merusak keuangannya. "Meskipun penghasilan saya dua kali lipat dibandingkan tiga tahun lalu, saya masih berada dalam posisi keuangan yang sama dengan mengakhiri bulan ini dengan saldo nol," kata Westrap di Tiktok. "Karena sekarang saya punya lebih banyak uang, saya membelanjakan lebih banyak."

Selain praktik menabung yang lebih umum seperti melacak pengeluaran Anda, membuat anggaran, dan mengurangi belanja impulsif, salah satu metode baru yang dianut para pelaku loud budgeting adalah dengan mengatakan "tidak" pada undangan sosial yang tidak berfaedah.

TikToker @michelineamisi memperingatkan keluarga dan teman-temannya bahwa dia tidak akan sering makan di luar atau bepergian bersama mereka tahun ini. "Saya meluangkan waktu satu hari untuk menelepon semua anggota keluarga dan teman saya dan memberi tahu mereka bahwa pada 2024, saya akan mengatakan 'tidak'," kata dia di TikTok.

 

>>> Mulai tunjukkan hasil

NAB Bank menyurvei sekitar 2.000 warga Australia tentang penganggaran yang keras dan merilis laporan pada 22 Januari yang menemukan bahwa warga Australia yang berusia di bawah 30 tahun menabung rata-rata 450 dolar Australia, atau sekitar 300 dolar AS setiap bulan dengan mengikuti tren keuangan TikTok seperti loud budgeting dan tidak belanja pada bulan-bulan tertentu.

Sumber penghematan terbesar berasal dari semua hal yang berhubungan dengan makanan. Termasuk makan di restoran, layanan pesan-antar makanan, dan "mentraktir diri kecil-kecilan" yang mencakup kopi, makanan ringan, dan makan siang di luar rumah.

Berpartisipasi lebih sedikit dalam aktivitas kelompok dan keluarga, seperti makan di luar atau pergi ke bar, adalah contoh umum ketika para pelaku loud budgeting membicarakan tujuan mereka pada 2024. Misalnya, pengguna TikTok @itslisasun yang ingin teman-temannya menerima perubahan tersebut.

"Saya ingin seluruh teman saya mulai melakukan hal-hal hemat. Misalnya pergi ke rumah seseorang dan membawa makanan masing-masing,"katanya di TikTok.

Selain membantu beberapa orang mencapai tujuan finansial mereka, loud budgeting juga dapat memicu diskusi tentang cara membatasi jumlah uang yang dibelanjakan untuk bersosialisasi.

"Dengan berbagi tujuan keuangan saya dengan teman-teman, mereka juga terbuka mengenai tujuan mereka," kata Natalie Fischer, yang mengelola akun TikTok @investwithnat. "Kami semua memutuskan untuk membatasi hangout yang melibatkan pengeluaran uang dan memilih hangout dengan menonton film di rumah masing-masing."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement