Senin 29 Jan 2024 17:37 WIB

Cak Imin Tanggapi Pernyataan Prabowo Soal Kecurangan: Justru Kita Harus Waspada

Cawapres Muhaimin berpesan kepada pendukungnya, rakyat jangan pulang setelah nyoblos.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menanggapi pernyataan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto yang menyebut ada pihak yang berencana merusak surat suara pemilih 2. Cak Imin justru membalikkan itu dengan kewaspadaan dari kubunya.

 

"Kita justru yang harus waspada semuanya, harus hati-hati jangan sampai ada manipulasi suara," kata Cak Imin usai menghadiri acara Desak Anies dan Slepet Imin di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

 

Cak Imin mewanti-wanti agar tidak terjadi manipulasi hasil suara pascapencoblosan pada 14 Februari 2024. Dia pun mengajak rakyat, terutama yang mendukung 1 untuk turut mengawasi perhitungan suara.

"Jangan sampai ada manipulasi suara. Kita rakyat jangan pulang setelah nyoblos, kita tungguin sampai perhitungan suara. Kalau perlu bergilir ya, karena ancamana kecurangan makin nyata. Mari kita bergilir jaga TPS dari pencoblosan sampai perhitungan," ujarnya.

 

Saat ditanya lebih lanjut mengenai ancaman nyata yang dimaksud, Cak Imin menyebutkan, di antaranya adanya intimidasi aparat. "Ada intimidasi dilakukan aparat ke kepala desa. Kita dapat laporan dari kepala desa. Saya minta betul hentikan semua itu," kata ketua umum DPP PKB tersebut.

Sebelumnya, capres Prabowo Subianto mengingatkan para relawan dan tim pendukungnya untuk memastikan pengamanan perolehan suara pada Pilpres 2024. Prabowo mengaku, menerima informasi tentang sejumlah pihak yang berencana untuk melakukan sabotase atas perolehan suara paslon 2.

 

Sabotase itu diduga akan dilakukan saat hari pencoblosan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang. "Kita harus waspada. Saya mendengar ada niat-niat untuk merusak surat-surat suara 02 (Paslon Prabowo-Gibran Rakabuming)," kata Prabowo saat kampanye terbuka di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (27/1/2024).

 

"Jangan pulang sebelum penghitungan selesai. Bawa gadget, ambil foto, ambil video. Tidak boleh ada gerakan-gerakan yang tidak benar saat hari pencoblosan dan penghitungan (suara)," kata Prabowo berpesan kepada pendukungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement