Selasa 30 Jan 2024 00:08 WIB

Friendster Bakal Hadir Lagi, Mampukah Saingi Instagram dan Tiktok?

Friendster sempat menjadi 'primadona' media sosial pada masanya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Tangkapan layar situs web Friendster. Friendster akan kembali hadir untuk meramaikan dunia media sosial.
Foto: Tangkapan layar
Tangkapan layar situs web Friendster. Friendster akan kembali hadir untuk meramaikan dunia media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Friendster akan kembali hadir untuk meramaikan dunia media sosial. Kehadirannya diharapkan bisa menjasi salah satu platform yang dikenal dan disukai oleh gen Z.

Diluncurkan pada 2002, Friendster sempat menjadi "primadona" di jagat media sosial pada masanya. Hanya saja akan menjadi PR besar bagi pemilik agar Friendster bisa kembali dilirik.

Baca Juga

Melihat pengguna platform media sosial saat ini seperti Facebook, X, Instagram, Youtube, dan Tiktok, pengamat media sosial Enda Nasution mengatakan, Friendster harus menyuguhkan inovasi yang baru. “Kecuali ada sesuatu yang baru yang diperkenalkan oleh Friendster, apakah itu untuk format atau apa sesuatu yang baru yang diperkenalkan, maka agak sulit sebenarnya media sosial baru untuk bisa bersaing dengan media sosial yang sudah ada sekarang,” ucap Enda saat dihubungi Republika.co.id, Senin (29/1/2024).

Sejak 22 tahun lalu, media sosial yang sudah eksis sekarang merupakan hasil dari evolusi yang besar. Untuk itu media sosial yang ada sekarang ini akan menjadi saingan yang sulit untuk dikejar bagi Friendster.