Selasa 30 Jan 2024 00:55 WIB

Terkena Skandal, Toyota Stop Pengiriman Fortuner dan Innova Diesel 

Toyota menemukan penyimpangan dalam uji sertifikasi untuk mesin diesel.

Red: Firkah fansuri
Toyota Motor menghentikan pengiriman Toyota Fortuner diesel dan sembilan model mobil diesel lainnya termasuk Toyota Diesel setelah ditemukan penyimpangan dalam buji sertifikası.
Foto: istimewa
Toyota Motor menghentikan pengiriman Toyota Fortuner diesel dan sembilan model mobil diesel lainnya termasuk Toyota Diesel setelah ditemukan penyimpangan dalam buji sertifikası.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO- Toyota Motor mengatakan akan menangguhkan pengiriman beberapa model termasuk kendaraan serba guna Innova dan SUV Fortuner setelah menemukan penyimpangan dalam uji sertifikasi untuk mesin diesel yang dikembangkan oleh afiliasi Toyota Industries.

Sebuah komite investigasi khusus menemukan kejanggalan selama pengujian keluaran tenaga kuda untuk sertifikasi tiga model mesin diesel.

Baca Juga

Sepuluh model menggunakan mesin yang terkena dampak secara global, kata Toyota, termasuk van Hiace, truk Hilux dan SUV Land Cruiser 300, dan SUV LX500D bermerek Lexus.

Toyota, produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan penjualan, sebelumnya berupaya menyelesaikan kasus pelanggaran terkait kecurangan uji keselamatan tabrakan di spesialis mobil kecil Daihatsu.

Perusahaan mengatakan pihaknya berusaha menjelaskan masalah ini secara menyeluruh kepada pihak berwenang dan akan mengambil tindakan seperti menjalankan tes sertifikasi mesin baru di hadapan regulator jika diperlukan.

“Ada kurangnya komunikasi dengan Toyota Motor dan tidak cukup koordinasi mengenai proses pengujian dan prosedur yang seharusnya diikuti,” kata Presiden Toyota Industries Koichi Ito pada konferensi pers, Senin (29/1/2024)

Toyota Industries mengatakan pihaknya menjual sekitar 84 ribu mesin diesel mobil yang terkena dampak selama tahun keuangan hingga 31 Maret 2023.

Koji Sato, CEO Toyota, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa perusahaan menggunakan 36 ribu model mesin yang terkena dampak di seluruh dunia setiap bulannya, atau setara dengan 432 ribu unit per tahun.

Seorang juru bicara Toyota tidak dapat segera mengatakan berapa banyak kendaraan yang telah dijual oleh produsen mobil tersebut selama bertahun-tahun yang terkena dampaknya.

Di Jepang, penghentian pengiriman berdampak pada produksi di enam lini di empat pabrik. Perusahaan mengatakan telah memastikan kembali bahwa mesin dan kendaraan yang terkena dampak memenuhi standar keluaran kinerja mesin.

Ia menambahkan penyelidikan telah menemukan bahwa unit kontrol elektronik yang digunakan selama pengujian keluaran tenaga kuda berbeda dengan yang digunakan selama produksi mesin.

Kementerian Transportasi Jepang mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penyelidikan di lokasi pabrik Toyota Industries di Hekinan di prefektur Aichi tengah, tempat perusahaan tersebut memproduksi mesin otomotif dan industri.

Investigasi Toyota awalnya terfokus pada peraturan sertifikasi yang berkaitan dengan kinerja emisi mesin forklift dan mesin konstruksi, di mana komite investigasi khusus juga mengkonfirmasi adanya kesalahan.

Toyota Motor memegang hampir 25 persen saham di Toyota Industries, yang merupakan perusahaan grup utama Toyota. Pemasok tersebut pada gilirannya memiliki sekitar 8 persen saham Toyota sendiri.

Saham Toyota Industries merosot ke lini negatif tak lama setelah berita tersebut dan berakhir turun 4 persen. Saham Toyota Motor ditutup 3,1 persen lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement