Selasa 30 Jan 2024 20:32 WIB

Kaesang Berharap Sang Ayah, Jokowi, Bisa Ikut Kampanye PSI

Kaesang bersyukur Presiden Jokowi telah memberikan dukungan ke PSI.

Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (tengah) dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni (kiri) bermain bola dengan warga di Lapangan Gamplong, Sleman, Sabtu (27/1/2024).
Foto: Dok Republika
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (tengah) dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni (kiri) bermain bola dengan warga di Lapangan Gamplong, Sleman, Sabtu (27/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berharap Presiden RI Joko Widodo yang juga ayahnya bisa ikut kampanye PSI pada suatu waktu.

"Insyaallah, kalau diberi kesempatan, kalau ada waktu, kami akan sangat terbuka," kata Kaesang usai kampanye akbar di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, menanggapi pertanyaan awak media terkait dengan kemungkinan Presiden Jokowi turut kampanye PSI.

Baca Juga

Kaesang juga bersyukur bahwa Presiden Joko Widodo telah memberikan dukungan terhadap PSI. Dukungan Presiden tersebut disampaikan sendiri oleh Kaesang usai bertemu dengan ayahnya Jokowi di Yogyakarta, Sabtu (27/1).

Pada Sabtu (27/1) sore, Presiden Jokowi juga menyempatkan bermain sepak bola dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di lapangan sepak bola Gamplong, Desa Gamplong, Kabupaten Sleman, DIY.

Kaesang juga menanggapi pernyataan Presiden yang mengatakan bahwa anak bungsunya tersebut bolak-balik diajak mengampanyekan PSI. Namun, Kaesang menyebut bahwa Presiden Joko Widodo sibuk dengan kegiatan kepresidenan. "Balik lagi ya, masalah waktu aja, 'kan beliau waktunya sibuk ya. Siapa tahu nanti mau cuti untuk kampanye, siapa tahu," kata Kaesang.

Namun, Kaesang menegaskan bahwa pihaknya belum mendapatkan kepastian dari Presiden terkait dengan kesediaannya untuk ikut kampanye bersama. "La itu, belum tahu," katanya.

Pada kampanye akbar di Pontianak, Kaesang turut didampingi oleh Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Kaesang akan menjalani rangkaian kampanye akbar di sejumlah kota mulai Selasa hingga Kamis (1/2), yaitu di Pontianak, Manado, Kupang, Malang, dan Kertajati.

Seperti diumumkan KPU RI bahwa Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pemilu anggota legislatif, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU RI juga telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement