Kamis 01 Feb 2024 01:12 WIB

Erick Thohir Selalu Profesional Menilai Kinerja Shin Tae-yong

Erick berharap Shin Tae-yong membawa Timnas U23 lolos 8 besar Piala Asia.

Red: Gita Amanda
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong, (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan ia memegang prinsip profesionalisme dalam menilai kinerja dan prestasi pelatih Shin Tae-yong yang menangani tim nasional sepak bola Indonesia.

"Saya kan orang profesional, jadi saya pegang prinsip itu. Kesepakatan saya dan Shin Tae-yong yang kontraknya habis hingga Juni, ada dua parameter, yakni timnas senior lolos 16 besar Piala Asia yang kemarin dan 8 besar Piala Asia U23 bagi timnas muda kita. Kita punya komitmen itu, baru kemudian bicara perpanjangan untuk 2027," kata Erick melalui keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Parameter pertama telah dilewati dengan baik oleh Shin Tae-yong. Timnas Indonesia yang diracik pelatih asal Korea Selatan itu untuk pertama kali lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar.

Shin Tae-yong kini siap menuju panggung berikutnya, yakni Piala Asia U23 juga di Qatar pada April mendatang, Erick berharap Shin Tae-yong mampu membawa Timnas U23 Merah Putih lolos ke 8 besar atau perempat final di turnamen yang berlangsung 15 April-3 Mei 2024 itu.

Erick menyatakan, meski sejauh ini puas atas kinerja Shin Tae-yong, pihaknya harus memasang target prestasi di level Asia terhadap pelatih yang sudah menangani timnas Indonesia sejak 2019 itu."Oleh karenanya di Piala Asia U23, April besok, Indonesia harus bisa berbicara banyak. Apalagi banyak pemain U23 kita masuk dalam skuad timnas senior kemarin dan beberapa pemain sering jadi starting eleven. Itu modal yang sangat besar bagi Shin Tae-yong untuk membuat kejutan," tambah Erick.

Dari 26 skuad timnas senior Piala Asia lalu, terdapat 11 anggota skuad U23 Merah Putih. Tak hanya itu, sebanyak lima hingga enam pemain U23 sering jadi starting eleven, seperti Ernando Ari, Justin Hubner, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, dan Witan Sulaeman, serta Rafael Struick.

"Berkaca dari Piala Asia kemarin, kita kekurangan goal getter. Lihat bagaimana Australia kemarin. Jarang menyerang, tapi selalu efektif mencetak gol. Harus seperti itu. Tugas Shin Tae-yong untuk segera benahi sektor itu agar target tercapai," jelas Erick.

Di Piala Asia U23 nanti, Indonesia bergabung di grup A yang terdiri dari tuan rumah Qatar, Jordania, dan Australia. Persaingan di Piala Asia U23 lebih berat. Turnamen yang diikuti 16 negara yang dibagi dalam empat grup itu hanya akan meloloskan peringkat pertama dan kedua setiap grup untuk langsung bertanding di babak knock out 8 besar.

 

 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement