Kamis 01 Feb 2024 16:55 WIB

Eropa Diprediksi akan Alami Suhu Ekstrem Baru Tahun Ini

Eropa catatkan rekor suhu tertinggi yang pernah ada pada 2021.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Eropa mencatat suhu tertinggi yang pernah ada pada tahun 2021.
Foto: www.freepik.com
Eropa mencatat suhu tertinggi yang pernah ada pada tahun 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengonfirmasi bahwa benua Eropa mencatat suhu tertinggi yang pernah ada pada tahun 2021, yaitu 48,8 derajat Celcius  dan memperingatkan bahwa suhu ekstrem baru diperkirakan akan terjadi.

Panas yang menyengat pada 11 Agustus 2021, hampir satu derajat Celcius lebih tinggi dari puncak rekor sebelumnya yakni 48 derajat Celcius yang tercatat pada 10 Juli 1977 di kota Athena dan Elefsina di Yunani. Rekor tahun 1977 tersebut tidak diverifikasi secara independen oleh WMO.

Baca Juga

Menurut badan cuaca Perserikatan Bangsa-Bangsa itu, sebuah panel ilmuwan atmoster internasional memverifikasi suhu yang dicatat oleh stasiun cuaca otomatis di Syracuse di pulau Sicilia, Italia.

"Ada kemungkinan, bahkan sangat mungkin, bahwa cuaca ekstrem yang lebih besar akan terjadi di seluruh Eropa di masa depan. Investigasi ini menunjukkan kecenderungan yang mengkhawatirkan untuk terus mencatatkan rekor suhu tinggi di wilayah tertentu di dunia," kata Profesor Randall Cerveny, pelapor iklim dan cuaca ekstrem untuk WMO seperti dilansir Phys, Kamis (1/2/2024).