Kamis 01 Feb 2024 21:06 WIB

Lihat Bruce Willis, Demi Moore: Keluarga Penderita Demensia Perlu Belajar Mengikhlaskan

Bruce Willis menderita demensia frontotemporal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Die Hard, Bruce Willis, mulai mengalami gangguan berkomunikasi pada Maret 2022 dan didiagnosis demensia frontotemporal pada Februari 2023.
Foto: EPA
Aktor Die Hard, Bruce Willis, mulai mengalami gangguan berkomunikasi pada Maret 2022 dan didiagnosis demensia frontotemporal pada Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Demi Moore mengungkapkan bahwa keluarga penderita demensia perlu belajar mengikhlaskan "kepergian" sosok yang mereka kenal dulu sebelum sakit. Seperti diketahui, demensia dapat membuat kepribadian dan perilaku penderitanya berubah.

Moore mengungkapkan bahwa ini adalah pelajaran berharga yang dia dapatkan setelah mantan suaminya, aktor Bruce Willis, terdiagnosis dengan demensia. Moore mengatakan, ketika keluarga hanya berpaku pada sosok pasien sebelum jatuh sakit, mereka akan kesulitan untuk menikmati waktu yang tersisa bersama pasien.

Baca Juga

"(Kalau keluarga belajar ikhlas) Anda bisa benar-benar hadir di masa sekarang dan menikmati kegembiraan serta cinta yang ada," ungkap Moore, seperti dilansir AceShowbiz pada Kamis (1/2/2024).

Setelah terdiagnosis dengan demensia frontotemporal, Willis mulai menunjukkan sejumlah perubahan pada kepribadian dan perilakunya. Perubahan ini juga dirasakan oleh sahabat Willis, Glenn Gordon Caron.

Saat menjenguk Willis, Caron mengungkapkan bahwa sang aktor masih mengenali dirinya. Akan tetapi, Caron tak menampik bahwa dia merasakan sejumlah perubahan pada diri Willis.

Sebagai contoh, Caron mengungkapkan bahwa Willis merupakan sosok yang sangat gemar membaca. Namun, saat ini, Willis sudah tak lagi hobi membaca.

"Semua kemampuan berbahasa tak lagi dia miliki, tapi dia tetaplah Bruce," kata Caron.

Caron juga mengungkapkan bahwa Willis adalah sosok yang sangat menikmati hidup. Akan tetapi, Caron tak lagi melihat sikap tersebut pada diri Willis saat ini.

"Tak ada orang yang lebih menikmati hidup dibandingkan dia. Dulu dia sangat mencintai hidup dan sangat suka bangun setiap pagi lalu mencoba menjalani hidup sepenuhnya," ujar Caron.

Pihak keluarga mengumumkan bahwa Willis mengalami gangguan berkomunikasi atau aphasia pada Maret 2022. Kondisi ini membuat Willis memilih untuk pensiun dari dunia hiburan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement