Jumat 02 Feb 2024 10:42 WIB

China Berkomitmen Perkuat Diplomasi di Era Modernisasi

Beijing mendukung negara berkembang untuk mempercepat modernisasi.

Red: Setyanavidita livicansera
Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi menandatangani komunike bersama tentang dimulainya kembali hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Nauru di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, Rabu, (24/1/2024).
Foto: AP Photo/Andrea Verdelli
Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi menandatangani komunike bersama tentang dimulainya kembali hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Nauru di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, Rabu, (24/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Beijing siap bekerja sama dengan negara-negara lain demi perdamaian dan keamanan saat China memperingati 75 tahun berdirinya negara itu, kata Menteri Luar Negeri Wang Yi. "China siap bekerja sama dengan semua negara untuk memperkuat fondasi perdamaian dan keamanan, menyatukan kekuatan untuk persahabatan dan kerja sama, mengikuti jalur multilateralisme yang benar, dan membangun pembangunan dan kemakmuran di masa depan," kata Wang Yi kepada para diplomat asing di Beijing.

Dia mengatakan bahwa tahun ini merupakan tahun yang penting bagi kemajuan modernisasi China di semua lini. "Membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia adalah tujuan mulia yang ingin dicapai China dalam diplomasi dengan negara-negara besar sesuai karakteristik China di era baru," kata Wang saat resepsi Tahun Baru pada Rabu (31/1/2024) malam, menurut kementeriannya.

Baca Juga

Menyinggung upaya diplomatik yang dilakukan China tahun lalu, Wang Yi mengatakan bahwa Beijing berhasil mengatasi tantangan dan terus bergerak maju dengan tanggung jawab besar. "China tetap berkomitmen terhadap dialog dan kerja sama, berperan sebagai pilar kokoh dalam isu kesehatan di antara negara-negara besar, dan bertindak berdasarkan prinsip persahabatan, ketulusan, saling menguntungkan, dan inkusif," katanya.

Sebagai anggota setia Global Selatan, kata dia, China telah mengupayakan kemajuan untuk semua. Beijing pun mendukung negara-negara berkembang untuk mempercepat modernisasi mereka dan China akan tetap berkomitmen terhadap keterbukaan dan kerja sama, serta memberikan kontribusi baru terhadap pembangunan bersama di tingkat global," kata Wang Yi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement