Jumat 02 Feb 2024 12:56 WIB

Jelang Imlek, Ini Makanan dan Dekorasi Khas Saat Tahun Baru China

Menjelang Imlek, jalan-jalan dan pusat perbelanjaan didekorasi meriah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
 Dekorasi khas Imlek (ilustrasi). Ada beberapa dekorasi dan makanan yang khas saat Imlek.
Foto: AP/Andy Wong
Dekorasi khas Imlek (ilustrasi). Ada beberapa dekorasi dan makanan yang khas saat Imlek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Tahun Baru China atau Imlek jatuh pada Ahad (10/2/2024). Tahun Baru China juga dikenal sebagai Festival Musim Semi. 

Dikutip dari laman resmi Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Jumat (2/2/2024), menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologis Imlek memiliki arti yaitu tahun baru China yang jatuh pada tanggal satu bulan pertama di awal tahun. Dalam bahasa China, Im memiliki arti “bulan”, sedangkan Lek artinya “penanggalan”.

Baca Juga

Ini adalah festival paling khidmat setiap tahunnya bagi setiap orang China dan telah dirayakan di China selama ribuan tahun, dengan berbagai bentuk kegiatan di berbagai wilayah di Negeri Tirai Bambu tersebut. Perayaan Tahun Baru berpusat pada penghapusan yang buruk dan yang lama, serta menyambut yang baru dan yang baik. 

Dilansir Royal Museums Greenwich, Jumat (2/2/2024), bagi etnis China, ini adalah waktu untuk memuja para leluhur, mengusir para roh jahat, dan berdoa untuk panen yang baik. Menjelang Imlek, masyarakat akan membersihkan rumahnya untuk membuang kotoran, sampah, dan barang-barang lain yang tidak diinginkan. Mereka akan mendekorasi ulang rumah dengan kuplet-kuplet merah, lentera-lentera, pot-pot bunga dan perabotan baru, dan akan berbelanja bahan-bahan makanan untuk spesialisasi jamuan makan.