Senin 05 Feb 2024 17:41 WIB

Gempa 2 Kali Guncang Cianjur Hari Ini, BPBD Catat tak Ada Kerusakan

Gempa terjadi di sebagian wilayah Cianjur sebanyak 2 kali pada Senin (5/2/2024).

Red: Qommarria Rostanti
Gempa (ilustrasi). Gmpa terjadi sebanyak 2 kali di Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (5/2/2024), BPBD Cianjur mencatat tak ada kerusakan hingga siang hari.
Foto: Reuters
Gempa (ilustrasi). Gmpa terjadi sebanyak 2 kali di Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (5/2/2024), BPBD Cianjur mencatat tak ada kerusakan hingga siang hari.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat tidak ada kerusakan akibat dua kali gempa yang terjadi di sebagian wilayah Cianjur pada Senin (5/2/2024). Meski begitu, namun warga diimbau tetap waspada dan tidak panik.

Kepala Pelaksana (BPBD) Cianjur Asep Sukma Wijaya mengatakan sejumlah petugas langsung disebar ke sejumlah wilayah yang dinilai merasakan getaran gempa cukup keras, seperti Cugenang, Cianjur, Pacet dan Warungondang, guna melakukan pendataan. "Hingga Senin siang tidak ada laporan kerusakan yang menimpa bangunan atau fasilitas lainnya. Namun guncangan gempa pertama 2,9 magnitudo cukup terasa di empat kecamatan tersebut, sedangkan yang kedua 2,1 magnitudo tidak terlalu terasa," katanya.

Baca Juga

Namun pihaknya tetap menyiagakan petugas dan relawan guna memastikan tidak ada dampak dari dua kali gempa yang terjadi Senin pagi, meski laporan warga sempat panik berhamburan ke luar rumah, terutama siswa di sejumlah sekolah. "Waspada harus, namun jangan panik karena informasi dari BMKG gempa yang terjadi tidak menyebabkan kerusakan, namun getarannya cukup membuat panik warga terutama di wilayah Cianjur dan Cugenang," katanya.

Berdasarkan data dari BMKG tercatat gempa berkekuatan magnitudo 2,9 terjadi Senin pukul 08.25 WIB dengan pusat gempa berada di 6,79 Lintang Selatan-101.08 Bujur Timur atau tujuh kilometer di barat laut Cianjur di kedalaman enam kilometer.

Selang 2 menit tepatnya pada pukul 08.27 WIB gempa kembali terjadi dengan magnitudo 2,1 yang berpusat di 6,82 Lintang Selatan-107,08 Bujur Timur atau enam kilometer di barat laut Cianjur di kedalaman sembilan kilometer. Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan kedua gempa yang terasa di sejumlah kecamatan di Cianjur, terpusat di Kecamatan Cugenang atau di pusat patahan Cugenang. Namun pihaknya belum mendapat laporan adanya kerusakan akibat gempa dangkal tersebut.

"Kami meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, segera mencari tempat aman saat terjadi gempa," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement