Senin 05 Feb 2024 22:37 WIB

Makanan Lezat yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Perbaikan pola makan merupakan salah satu kunci membantu mengelola kadar kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Buah beri (ilustrasi). Ada 5 lima makanan yang direkomendasikan untuk membantu mengelola kadar kolesterol.
Foto: www.freepik.com
Buah beri (ilustrasi). Ada 5 lima makanan yang direkomendasikan untuk membantu mengelola kadar kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko dari sejumlah masalah kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit kardiovaskular. Perbaikan pola makan merupakan salah satu kunci yang bisa membantu mengelola kadar kolesterol.

"Kabar baiknya ada makanan-makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dan memberikan kita kolesterol baik yang penting untuk menjaga arteri kita tetap bersih," ungkap pakar nutrisi, Ashleigh Tosh, seperti dilansir Express pada Senin (5/2/2024).

Baca Juga

Yang tak kalah menarik, makanan-makanan yang direkomendasikan oleh Tosh merupakan makanan yang lezat dan menggugah selera. Berikut ini adalah lima makanan yang direkomendasikan oleh Tosh untuk membantu mengelola kadar kolesterol:

1. Buah beri

Buah beri kaya akan antioksidan dan serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa contoh buah beri adalah stroberi, bluberi, dan raspberi. Tosh merekomendasikan buah beri untuk dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi menu sarapan dan shake.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh. Kadar kolesterol baik yang lebih tinggi dapat membantu mengelola kadar kolesterol agar tetap sehat.

3. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah bertekstur creamy dan lezat yang kaya akan lemak sehat. Konsumsi alpukat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Namun, konsumsi alpukat sebaiknya tidak berlebihan karena kandungan lemak di dalam alpukat relatif tinggi.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat menjadi camilan yang kaya akan lemak sehat dan serat. Konsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan menunjang kesehatan jantung. Tosh merekomendasikan agar kacang-kacangan dikonsumsi sekitar 1-2 ons atau sekitar 28-56 gram per hari.

5. Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan kadar kolesterol bila dikonsumsi secukupnya. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pilih produk dark chocolate dengan persentase kandungan kakao 70 persen atau lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement