Jumat 09 Feb 2024 16:41 WIB

Lima Karakter Menarik di Buku yang Terasa Mengecewakan Saat Diadaptasi dalam Film

Perubahan karakter di film salah satunya karena padatnya cerita yang disajikan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Kristen Stewart sebagai Bella Swan di film Twilight.
Foto: Dok. Summit Entertainment
Kristen Stewart sebagai Bella Swan di film Twilight.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya, karakter yang ditulis dengan sangat baik dalam novel menjadi kurang menarik ketika diadaptasi ke dalam film. Hal ini bisa terjadi karena ada beragam penyesuaian yang harus dilakukan ketika sebuah novel diadaptasi menjadi film.

Salah satu faktor yang dapat memicu perubahan ini adalah padatnya cerita yang disajikan dalam novel. Akan sulit bagi sineas untuk memasukkan semua bagian novel ke dalam film yang memiliki durasi terbatas. Oleh karena itu, beberapa aspek menarik dari suatu karakter di dalam novel bisa tak terlihat di dalam film.

Baca Juga

Di samping itu, novel biasanya dipenuhi dengan dialog internal para karakter dan cerita yang lebih mendalam. Sedangkan film yang lebih didominasi oleh dialog mungkin tak akan bisa merefleksikan kedalaman kisah yang sama seperti novel.

Tak jarang, perubahan suatu karakter di dalam film dilakukan secara sengaja. Biasanya, sifat ikonik dari karakter tersebut sengaja dilebih-lebihkan dalam film hingga akhirnya berkembang menjadi karakter yang benar-benar berbeda dari versi novel.

Di antara beragam judul film yang diadaptasi dari novel populer, ada lima karakter luar biasa di novel yang menjadi kurang menarik ketika diadaptasi ke dalam film.

Lima karakter tersebut ada di halaman berikutnya...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement