Sabtu 10 Feb 2024 04:07 WIB

Ibadah yang Disenangi Nabi Muhammad di Bulan Sya'ban

Rasulullah menjadikan puasa sebagai ibadah di bulan Sya'ban.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad.
Foto: Republika.co.id
Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada ibadah yang dianjurkan dilaksanakan oleh umat Islam ketika memasuki bulan Sya'ban, yaitu puasa. Sya'ban mempunyai kelebihan istimewa di antara bulan-bulan lainnya.

Al-Ghazali dalam bukunya Hikmah & Rahasia Puasa mengungkapkan bagaimana Rasulullah menjadikan puasa sebagai ibadah di bulan Sya'ban. Diriwayatkan Rasulullah Saw berpuasa satu bulan penuh dalam bulan Sya'ban dan bersabda, "Allah mengangkat seluruh amal hamba-Nya pada bulan ini (Sya'ban)."

Baca Juga

BACA JUGA: Niat Puasa Ganti (Qadha) Ramadhan di Bulan Rajab

Aisyah r.a. berkata, "Rasulullah Saw banyak berpuasa pada bulan Sya'ban. Adakalanya beliau berpuasa sebulan penuh pada bulan Sya'ban." Dan dalam riwayat lainnya puasa Rasulullah Saw pada bulan Sya'ban sedikit.

Ibadah puasa yang dilakukan Rasulullah pada bulan Sya'ban menunjukkan bulan ini mempunyai keistimewaan. Ini sekaligus latihan jelang masuknya bulan Ramadhan di mana umat Islam akan melaksanakan puasa wajib selama satu bulan penuh.

Rasulullah Saw bersabda, "Kelebihan bulan Sya'ban terhadap bulan-bulan lainnya adalah seperti kelebihanku atas Nabi-nabi lainnya. Sedangkan kelebihan bulan Ramadhan terhadap bulan-bulan lainnya adalah seperti kelebihan Allah atas hamba-hamba-Nya."

Dari Abu Hurairah r.a Rasulullah bersabda...

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement