Jumat 09 Feb 2024 20:42 WIB

Ribuan Pasien di Jabar Butuh Transplantasi Organ, Dua Rumah Sakit Berkolaborasi

Kesepakatan ini bertujuan meningkatkan akses terhadap perawatan berkualitas tinggi.

Red: Arie Lukihardianti
Transplantasi organ
Foto: Dok Republika
Transplantasi organ

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Setiap tahunnya, ribuan pasien di Jawa Barat, membutuhkan transplantasi organ. Melihat kebutuhan ini, dua lembaga kesehatan terkemuka, Edelweiss Hospital dan Artemis Hospital, mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat layanan transplantasi hati dan ginjal di Jawa Barat, belum lama ini. Kesepakatan ini bertujuan meningkatkan akses terhadap perawatan berkualitas tinggi bagi ribuan pasien yang membutuhkan transplantasi organ setiap tahunnya.

Kerja sama antara dua rumah sakit ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi pasien dan kemajuan dalam bidang kesehatan di tanah air.

Baca Juga

Menurut Anoop Sharma, Chief of International Operations, South East Asia, Artemis Hospital, melalui kolaborasi ini, Edelweiss Hospital dan Artemis Hospital berkomitmen untuk menyediakan layanan transplantasi hati dan ginjal berkualitas tinggi. "Kesepakatan ini tidak hanya mencakup layanan inti transplantasi organ tetapi juga memberikan dukungan komprehensif kepada pasien, mulai dari tahap persiapan hingga perawatan pascaoperasi," ujar Anoop Sharma, Jumat (9/2/2024).

Selain prosedur transplantasi, Edelweiss Hospital dan Artemis Hospital juga bekerjas ama dalam penelitian untuk mengidentifikasi dan memahami kebutuhan transplantasi hati dan ginjal di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

"Nantinya riset yang dilakukan akan mencakup analisis mendalam tentang faktor penyebab penyakit yang memerlukan transplantasi, statistik ketersediaan donor, serta faktor-faktor sosial dan ekonomi yang memengaruhi aksesibilitas layanan transplantasi organ di wilayah Jawa Barat," papar Budi Setiawan Djamhoer, dr. MARS, Direktur Edelweiss Healthcare Group.

Sebagai rumah sakit besar di Kota Bandung, kata dia, Edelweiss Hospital berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan  menyediakan berbagai layanan medis canggih, termasuk Mother and Children Center; klinik eksekutif seperti Trauma Center, THT, Katarak, Gigi, dan Urologi; serta Center of Excellence dalam sub-spesialis dan Kesehatan Pencernaan.

Sejalan dengan itu, Artemis Hospital, sebagai mitra, juga memiliki Center of Excellence, termasuk di dalamnya Transplant Center, Cancer Center, Heart & Vascular Institute, Neuroscience Center, Center of Orthopedics & Joint Replacement, Bariatric & Minimally Invasive Surgery, Birthing Center, Center of IVF & Reproductive Medicine, serta Abdominal Organ Transplant Center. 

Artemis Hospital sendiri adalah rumah sakit multi-spesialisasi yang terakreditasi JCI dan NABH yang terletak di Gurgaon, India. Didirikan pada 2007, rumah sakit ini telah menjadi salah satu tujuan kesehatan terkemuka di India. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement