Jumat 09 Feb 2024 22:00 WIB

Tim Gabungan Giatkan Patroli Jelang Pemilu 2024

Pemilu 2024 harus berjalan lancar.

Red: Erdy Nasrul
Apel gabungan jelang Pemilu 2024.
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Apel gabungan jelang Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA BELITUNG -- Tim gabungan tiga pilar di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan patroli untuk menciptakan kondisi aman menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024.

"Pelaksanaan patroli gabungan yang melibatkan personel Polres Bangka Barat, Kodim 0431/BB dan Satuan Polisi Pamong Praja ini dilakukan secara preventif untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga

Menurut dia, pelaksanaan pengawasan bersama merupakan salah satu bentuk sinergisitas antara aparat keamanan, TNI, dan pemerintah daerah yang akan menjadi landasan utama untuk menciptakan suasana yang tenang dan kondusif menjelang Pemilu 2024.

Pelaksanaan patroli tiga pilar diawali dengan pemantauan keamanan di Gudang Logistik KPU Bangka Barat yang berada di Pal3 Mentok, dilanjutkan ke kantor KPU Kabupaten Bangka Barat dan Kantor Bawaslu daerah setempat.

"Kami juga ingin memastikan tiga lokasi vital dalam pelaksanaan pemilu itu dijaga personel keamanan sesuai ketentuan, ini sebagai salah satu bukti kita telah menjalankan komitmen dalam mencegah gangguan kamtibmas menjelang Pemilu 2024," katanya.

Selain upaya mencegah gangguan kamtibmas, kegiatan itu juga diharapkan mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024.

Khusus di Gudang Logistik Pemilu sudah dipasang kamera pemantau untuk memudahkan pemantauan situasi melalui pos penjagaan.

Selain tiga lokasi prioritas itu, Polres Bangka Barat juga melakukan pengamanan di sejumlah lokasi lain, seperti kompleks perkantoran daerah, Kantor Sekretariat DPRD dan lainnya.

"Berbagai kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024 agar pemilu berjalan dengan baik, tertib, lancar dan damai," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement