Jumat 09 Feb 2024 22:30 WIB

Polisi Sterilkan Vihara Jamin Keamanan Perayaan Imlek

Imlek menjadi momentum menguatkan persatuan dan toleransi

Red: Erdy Nasrul
Polisi sterilkan vihara menjelang imlek.
Foto: Antara
Polisi sterilkan vihara menjelang imlek.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Polresta Banjarmasin dan Tim Subden Jibom Detasemen Gegana Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menyeterlkan beberapa Vihara guna menjamin keamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2575.

“Tim gabungan melakukan sterilisasi Vihara di beberapa lokasi yang akan dijadikan umat Konghucu sebagai tempat ibadah Tahun Baru Imlek,” kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo di Banjarmasin, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga

Beberapa Vihara yang disterilkan itu terdapat di tiga titik, yakni Klenteng Sortji Nurani di Jalan Veteran Sungai Bilu Banjarmasin Tengah, Klenteng Karta Raharja di Jalan Niaga Utara Banjarmasin Tengah, dan Klenteng Vihara Duta Prabha di Jalan RK Ilir Banjarmasin Selatan.

"Sterilisasi ini merupakan bagian dari upaya preventif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Tahun Baru Imlek,” ujarnya.

Sabana menuturkan selama proses sterilisasi, tim juga memberikan sosialisasi kepada pengurus Vihara dan jemaat tentang langkah-langkah keamanan yang perlu diambil selama perayaan Imlek.

Menurut dia, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keamanan agar perayaan Imlek berjalan dengan kondusif tanpa adanya gangguan.

Proses sterilisasi dipimpin Kanit 1 Subden II Polda Kalsel Ipda Edi Untoro didampingi Kasubbag Binops Polresta Banjarmasin AKP Rahmadani.

Tim gabungan, kata dia, memeriksa secara menyeluruh terhadap Vihara, memastikan tidak ada potensi ancaman atau bahan berbahaya yang dapat mengganggu keamanan.

“Dengan kehadiran tim sterilisasi, Vihara dapat menjadi tempat ibadah yang aman dan nyaman bagi umat Konghucu yang merayakan perayaan Tahun Baru Imlek di Kota Banjarmasin,” ujar Sabana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement