Jumat 09 Feb 2024 23:59 WIB

Optimalkan Operasi Pelabuhan, Pelindo Solusi Digital Usung Praya

Praya merupakan aplikasi dengan ragam manfaat.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo.
Foto: Dok. Bumn
Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Standardisasi pelayanan di terminal peti kemas yang menjadi hal utama dinantikan oleh sejumlah perusahaan pelayaran kini semakin optimal dengan langkah Pelindo Solusi Digital menghadirkan Praya sebagai Single Billing.

Pelindo Solusi Digital sebagai IT Provider Pelabuhan menjelaskan, Praya merupakan aplikasi untuk menangani aktivitas permintaan layanan, pembayaran dan nota pada pelayanan kapal, petikemas, dan non petikemas yang terintegrasi dengan sistem operasi dan sistem perbankan. 

Baca Juga

“Sistem ini terintegrasi dalam bentuk mobile dan aplikasi web, memberikan kemampuan untuk Pelayanan Terpadu, Real-time Monitoring, dan Kemudahan Akses melalui Mobile dan Aplikasi Web yang dilengkapi dengan notifikasi untuk pengguna,” kata Ganda Pradita, Head of Business Development & Corporate Secretary ILCS, di Jakarta, dikutip pada Jumat (9/22024). 

Menurut Ganda Pradita, PRAYA sebagai platform tunggal memiliki sejumlah keunggulan dalam penyediaan solusi digital di pelabuhan. Pertama, implementasi Multi-situs/Multi-penyewa yaitu kemampuan untuk diimplementasikan di berbagai lokasi atau pelabuhan yang berbeda dengan berbagai pihak yang menggunakan layanan tersebut. Hal ini memungkinkan adaptasi yang luas dalam konteks berbagai infrastruktur dan skenario penggunaan yang berbeda.

Kedua, Penanganan Proses Logistik End-to-End yaitu mulai dari pemilik kargo hingga melacak pergerakan kargo di terminal, menawarkan visibilitas lengkap dan pemantauan keseluruhan proses logistik. Dengan demikian, dapat mempermudah koordinasi dan pengawasan dari awal hingga akhir dalam rantai pasok.

“Yang ketiga, Akses Fleksibel dan Efektif yakni ketersediaan akses di mana saja dan kapan saja memberikan kemudahan bagi pengguna layanan. Mereka tidak perlu secara fisik pergi ke situs penagihan atau lokasi tertentu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi permintaan layanan,” ujar Ganda Pradita.

Dengan fokus pada integrasi, visibilitas, dan kemudahan akses, kata Ganda Pradita, 0raya memiliki potensi untuk mengoptimalkan operasi logistik di pelabuhan, meminimalkan hambatan, dan meningkatkan keterlibatan lintas platform bagi berbagai pemangku kepentingan dalam rantai pasok logistik.

Ganda Pradita menambahkan, fitur-fitur yang disediakan oleh Praya memperkuat fungsionalitas platformnya dalam menangani berbagai aspek logistik di pelabuhan. 

Dia mengemukakan, dengan keunggulan dan fitur-fitur yang disediakan, Praya memberikan sejumlah manfaat dalam konteks efisiensi dan akurasi data.

“Manfaat itu yakni, Efisiensi Proses Permintaan Layanan dengan cara meningkatkan efektivitas waktu permintaan layanan penanganan kargo dengan menyediakan fitur-fitur yang mudah diakses dan memungkinkan pengguna jasa melakukan aktivitas aplikasi layanan secara mandiri melalui website atau mobile application. Serta, Meningkatkan Akurasi Data dan Transaksi sehingga pengguna dapat menikmati keakuratan data yang tinggi melalui pencatatan secara digital dan real time sehingga meningkatkan tingkat transparansi layanan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement