Sabtu 10 Feb 2024 15:18 WIB

Gubernur Madinah Tinjau Kemajuan Rehabilitasi Masjid Bersejarah  

Pangeran Salman juga mengunjungi masjid Al-Ghamama.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Pangeran Faisal Ibnu Salman bin Abdul Aziz Al Saud (tengah), yang juga Gubernur Madinah.
Foto: Dok. Kemenag RI
Pangeran Faisal Ibnu Salman bin Abdul Aziz Al Saud (tengah), yang juga Gubernur Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Pemerintah Madinah Pangeran Salman bin Sultan pada hari Senin (5/2/2024), mengunjungi Masjid Nabi dan masjid bersejarah lainnya di kota suci.

Dia didampingi oleh Menteri Haji dan Umrah Tawfiq Al-Rabiah dan CEO Otoritas Pembangunan Wilayah Madinah, Fahad Albuliheshi.

Baca Juga

Dilansir dari Arab News, Selasa (6/2/2024), Pangeran Salman, yang merupakan ketua otoritas, memeriksa proyek doa Rawdah Suci di Masjid Nabawi. Dia memuji upaya untuk merampingkan layanan bagi pengunjung dan jamaah, meningkatkan pengalaman keseluruhan dan memastikan masa inap yang tak terlupakan bagi para tamu.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan merampingkan janji temu. Tujuan termasuk mengoptimalkan proses penunjukan, memperkenalkan sistem pembacaan tanggal, meningkatkan layanan melalui aplikasi Nusuk, dan melatih tim khusus untuk manajemen kerumunan.

Pangeran Salman juga mengunjungi masjid Al-Ghamama, Abu Bakr Al-Siddiq, dan Umar bin Al-Khattab, yang dipulihkan oleh otoritas. Proyek-proyek ini memperkaya pengalaman ziarah, mencerminkan komitmen Kerajaan untuk rehabilitasi situs bersejarah.

Gubernur menyoroti perawatan berkelanjutan untuk masjid-masjid bersejarah, yang diprakarsai oleh mendiang Raja Abdulaziz dan dilanjutkan oleh Raja Salman, termasuk restorasi di bawah Program Perawatan Masjid Bersejarah.

Pangeran Salman mengunjungi Masjid Quba, memeriksa Jadat Quba (Quba Avenue), dan proyek pembangunan terdekat yang mencakup bentangan 3,6 km yang menghubungkan Masjid Nabi dan Masjid Quba.

Gubernur meninjau konsep desain awal untuk proyek yang dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk mengembangkan Masjid Quba dan sekitarnya. Ekspansi bersejarah ini, yang terbesar sejak didirikan, berupaya meningkatkan total luas masjid menjadi 50 ribu meter persegi, menampung 66 ribu jamaah.

Pangeran Salman juga mengunjungi Proyek Al-Ayniah, Suwaiqah Souq, dan mengeksplorasi layanan yang mendukung pengusaha di berbagai bidang kerajinan tangan, termasuk pelatihan, inkubasi, produksi, dan pemasaran

Dia mengunjungi lokakarya kerajinan tangan dan membahas layanan inkubator Proyek Al-Ayniah, menawarkan peralatan produksi dan manufaktur. Selain itu, ia mengunjungi area ritel Suwaiqah Souq, yang menciptakan kembali pesona sejarah bangunan dan pasar kuno Madinah.

Pangeran Salman juga memeriksa produk kerajinan tangan dan suvenir yang dibuat untuk tamu dan pengunjung Madinah, berkontribusi pada pemberdayaan wanita muda di sektor ritel.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2454526/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement