Sabtu 10 Feb 2024 22:58 WIB

Liverpool Ditahan Imbang Burnley 1-1 pada Babak Pertama

Liverpool mencetak gol lebih dulu lewat Digo Jota sebelum disamakan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Diogo Jota mencetak gol untuk Liverpool saat menghadapi Burnley dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Sabtu (10/2/2024).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Diogo Jota mencetak gol untuk Liverpool saat menghadapi Burnley dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Sabtu (10/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, Liverpool gagal mempertahankan keunggulan pada babak pertama laga pekan ke-24 Liga Primer Inggris. Gol Diogo Jota berhasil disamakan Burnley untuk menutup babak pertama 1-1 pada laga di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu (10/2/2024) malam WIB.

Tuan rumah langsung tancap gas sejak awal. Skuad polesan Jurgen Klopp menekan dari segala arah. Namun the Clarets memiliki peluang emas terlebih dahulu. 

Baca Juga

Pada menit ke-11, Zeki Amdouni melakukan penetrasi ke pertahanan sang raksasa. Ia langsung berhadapan dengan Caoimhin Kelleher. Sayang, upayanya masih bisa ditepis sang kiper. Alarm bahaya berbunyi.

Setelahnya, Liverpool kembali ke jalurnya. Kubu Merseyside Merah melakukan operan cepat saat menyerang. Beberapa kali pasukan Klopp menerobos lini belakang lawan. Namun sampai 20 menit berlalu belum ada perubahan di papan skor. 

Tim tamu bukannya tanpa peluang. Serangan balik Burnley cukup merepotlan bek-bek the Reds. Liverpool sedikit terburu-buru dalam menggerakkan bola. Itu membuat upaya mereka bisa diredam the Clarets. Beberapa kali Darwin Nunez, Luis Diaz, serta Trent Alexander-Arnold terlihat kurang efektif memanfaatkan kans yang diperoleh.

Terus menekan, tuan rumah akhirnya memimpin di menit ke-31. Diogo Jota memecah kebuntuan timnya. Berawal dari situsi sepak pojok, Alexander-Arnold mengirimkan umpan ke kotak penalti lawan. Bola yang datang disambar Jota dengan sundulan, merobek jala gawang James Trafford. Jota dibantu blunder Trafford yang keliru keluar dari sarangnya untuk menyongsong bola, tapi gagal. 

Liverpool seperti mendapat angin segar setelah gol tersebut. Anak asuh Klopp sama sekali tak menurunkan tekanan. Mereka terus mengurung pertahanan Burnley.

Beberapa menit berselang, tuan rumah nyaris memperlebar jarak. The Reds terus mendulang peluang. Para pemain bertahan kubu tamu masih bisa mementahkan berbagai ancaman yang dihadirkan sang raksasa.

Memasuki menit ke-40, Burnley sedikit keluar dari tekanan. Anak asuh Vincent Kompany menyerang dari area sayap. 

Upaya kubu tamu berbuah manis. Pada menit ke-45, the Clarets mampu menyamakan kedudukan. Proses golnya sama seperti Liverpool, yakni berawal dari situasi sepak pojok. Dara O'Shea menyambar bola yang dikirimkan rekannya dengan sundulan, menggetarkan gawang tuan rumah. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement