Ahad 11 Feb 2024 16:33 WIB

Berapa Sebenarnya Jumlah Rakaat Sholat Tahajud?

Sholat tahajud ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sholat tahajud/ilustrasi
Sholat tahajud/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah saw menganjurkan umatnya untuk membiasakan sholat tahajud. Sholat sunnah yang satu ini merupakan wujud ketaqwaan dan cinta seorang hamba kepada Allah swt.

Sholat tahajud sering dianggap sholat sunnah yang sangat berat untuk dilakukan, karena sholat sunnah ini dilakukan pada malam hari, ketika kebanyakan manusia tengah tertidur lelap setelah lelah bekerja pada siang hari.

Baca Juga

Karenanya sholat tahajud ini memiliki keutamaan yang luar biasa, dan karenanya juga hanya orang yang bertakwa dan cinta kepada Allah swt yang mampu melaksanakan sholat tahajud setiap malam.

Jumlah rakaat sholat tahajud

Mengenai jumlah rakaat shalat tahajud ini amat beragam bilangannya. Berikut ini dikutip dari buku Terapi Shalat Tahajud oleh Moh. Sholeh, diuraikan hanya beberapa model jumlah rakaat sholat tahajud yang dipandang bersumber pada hadis yang sahih dan terkenal di kalangan kaum muslimin.

Telah berkata Aisyah, "Bahwasanya Rasulullah Saw pernah sholat antara waktu Isya dan Shubuh sebelas rakaat, yaitu beliau beri salam pada tiap-tiap dua rakaat, dan beliau sembahyang witir satu rakaat" (HR Bukhari).

Telah berkata Aisyah, "Bahwasanya ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement