Selasa 13 Feb 2024 17:28 WIB

Ini yang Diperbaiki di Avanza, Veloz, Sienta, Vios, dan Yaris Cross Pasca-Recall

Durasi perbaikan di bengkel ada yang membutuhkan waktu dua jam. 

Red: Firkah fansuri
PT Toyota-Astra Motor melakukan recall model Toyota dan sejumlah model lainnya.
Foto: Toyota
PT Toyota-Astra Motor melakukan recall model Toyota dan sejumlah model lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA- PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan recall atau penarikan kembali Toyota Avanza tahun produksi November 2022 dan Toyota Veloz tahun produksi November 2022. TAM juga me-recall Toyota Sienta tahun produksi Juni 2016 – April 2020.

Baca Juga

TAM pada saat yang sama melakukan recall Toyota Veloz tahun produksi Oktober 2021 – Agustus 2023, Toyota Vios tahun produksi Juni 2022 – Agustus 2023, dan Toyota Yaris Cross tahun produksi Mei – September 2023.  Lalu apa saja yang dikerjakan di model Toyota tersebut pasca-recall?

Perbaikan Front Garnish Pillar Clip Toyota Sienta

Toyota Sienta dilengkapi Front Garnish Pillar yang dipasang ke pilar depan atau pilar A menggunakan klip dengan sealer khusus berbahan resin yang dimanfaatkan untuk menutup lubang klip. Karena daya tahan sealer atau penyegel yang kurang maksimal dalam menahan air, seiring waktu Front Garnish Pillar akan mengalami kebocoran sehingga air dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi.

 Kalau sampai terjadi kondisi ini, konektor pada kotak sambungan listrik dapat mengalami korsleting, sehingga menyebabkan pengoperasian sistem kelistrikan tertentu seperti kunci pintu, sistem navigasi, dan lain-lain menjadi tidak tepat. Selain itu, pintu geser elektrik pada Toyota Sienta dapat terbuka secara tiba-tiba saat berkendara di kecepatan berapa pun, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan dan menciderai penumpang.

Bengkel resmi Toyota akan melakukan pemeriksaan dan penggantian Front Garnish Pillar Clip pada pilar A untuk mengembalikan daya tahannya dalam menahan rembesan air. Langkah ini semakin penting karena sekarang sudah memasuki musim hujan. 

Teknisi dengan sertifikat Toyota global juga akan melakukan pengecekan apakah kebocoran sudah terjadi dengan menelusurinya hingga ke kotak sambungan listrik, dan melakukan Reprogramming pada ECU PSD (Power Sliding Door) jika kendaraannya dilengkapi fitur tersebut. Durasi pengerjaan sekitar 2 – 3 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.

Perbaikan Front Door Side Impact Beam Toyota Avanza dan Veloz

Toyota Avanza dan Toyota Veloz dilengkapi fitur Side Door Beam di seluruh pintu samping untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko cidera saat ditabrak mobil lain atau mengenai obyek seperti pohon dari samping. Toyota menemukan bahwa proses pengelasan Side Door Beam sisi depan sebelah kanan atau posisi sopir ternyata kurang tepat atau kurang sempurna.

Kondisi ini kemungkinan akan membuat kekuatan pengelasan menjadi tidak mencukupi ketika dibutuhkan di situasi darurat. Jika Toyota Avanza dan Toyota Veloz dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, bagian las dari Front Door Side Impact Beam dapat lepas saat terjadi benturan dari samping. Dalam kasus terburuk, ada potensi Front Door Side Impact Beam tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan cidera serius pada pengemudi.

Bengkel resmi Toyota akan melakukan penambahan bracket penguat dan titik las pada Side Door Impact Beampintu depan kanan. Meskipun terdapat penambahan parts dan titik las, pelanggan tidak perlu khawatir karena proses pengerjaan dilakukan oleh teknisi bengkel resmi Toyota yang sudah tersertifikasi Toyota global sehingga dapat melakukan tugasnya dengan baik dan berkualitas. Mengingat pekerjaan yang dilakukan cukup banyak, maka durasi pengerjaan sekitar 3 - 4 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.

Perbaikan Front Shock Absorber Nut Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross

Setiap mobil memiliki komponen suspensi seperti shock absorber untuk meredam guncangan saat mobil melaju di jalan. Toyota menemukan bahwa instruksi pengencangan Front Suspension Nut atau mur suspensi depan bagian atas pada Toyota Veloz, Avanza, Vios, dan Yaris Cross, ternyata kurang tepat atau kurang sempurna di mana torsi pengencangan mur mungkin tidak mencukupi untuk menjaga kekuatannya.

Akibatnya kalau kendaraan dioperasikan terus-menerus dalam kondisi ini, mur dapat menjadi kendur sehingga menimbulkan kebisingan yang tidak normal dan mengganggu penumpang. Dalam situasi terburuk, mur dapat terlepas sehingga mengakibatkan hilangnya kestabilan kendaraan. Tentu akan berbahaya karena shock absorberdepan bisa terlepas dari dudukannya dan mengakibatkan kecelakaan saat mobil melaju kencang.

Bengkel resmi Toyota akan melakukan penambahan torsi kekencangan pada mur pengunci shock absorber depan dan atau mengganti beberapa komponen terkait jika diperlukan. Durasi pengerjaan sekitar 0,5 jam atau 30 menit tergantung dengan pemeriksan, di luar menunggu antrian dan proses administrasi. Khusus untuk perbaikan Front Shock Absorber Nut, akan dilakukan secara bertahap.

Pelanggan disarankan agar melakukan booking service terlebih dahulu agar bengkel resmi Toyota dapat mempersiapkan stall, teknisi, tools, dan parts pengganti. Selain tentunya memastikan pemilik kendaraan Toyota yang mendapatkan pemanggilan, tidak perlu menunggu antrian terlalu lama karena sudah mendapatkan jadwal sesuai keinginannya. Seluruh proses pemeriksaan hingga selesai tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami berharap pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar recall, dapat segera datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen supaya tidak ada kendala safety di kemudian hari,”  kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Dengan visi Total Mobility Solution, kata Anton, pelanggan dapat mengakses informasi recall melalui website resmi kami https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811-1500315 untuk pengecekan awal. “Atau dapat pula menghubungi jaringan bengkel resmi Toyota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan selanjutnya melakukan booking service untuk perbaikan sehingga memberikan peace of mind,” kata Anton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement