Jumat 23 Feb 2024 16:55 WIB

Menilik Ragam Interaksi Capres-Cawapres 2024 di Media Sosial

TikTok menegakkan aturan ketat terhadap misinformasi pemilu.

FILE - This combination of 2017-2022 photos shows the logos of Facebook, YouTube, TikTok and Snapchat on mobile devices. A trade group representing TikTok, Snapchat, Meta and other major tech companies sued Ohio on Friday, Jan. 5, 2024 over a pending law that requires children to get parental consent to use social media apps.
Foto: AP Photo/File
FILE - This combination of 2017-2022 photos shows the logos of Facebook, YouTube, TikTok and Snapchat on mobile devices. A trade group representing TikTok, Snapchat, Meta and other major tech companies sued Ohio on Friday, Jan. 5, 2024 over a pending law that requires children to get parental consent to use social media apps.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama kurang lebih empat bulan terakhir, media sosial TikTok menjadi salah satu tempat tujuan masyarakat digital mengakses informasi seputar Pemilu 2024. Bahkan, bukan hanya masyarakat, calon presiden dan calon wakil presiden juga turut aktif berbagi keseharian mereka melalui TikTok untuk berinteraksi dengan para pemilih muda.

Pengamat media sosial pun mencoba menganalisis dan memotret tren interaksi ketiga paslon Pilpres 2024 dalam rentang 16 hingga 22 Januari 2024. Lantas, siapakah paslon dengan interaksi tertinggi di TikTok?

Baca Juga

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi membagikan hasil analisisnya bahwa Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memimpin dalam tren jumlah mention di TikTok dengan 48 persen share of voice (793 sebutan). Diikuti oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan 30 persen share of voice (500 sebutan). Sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di urutan ketiga dengan 21 persen (353 sebutan).

Meskipun berada di posisi kedua, Prabowo-Gibran menonjol karena memiliki interaksi tertinggi di TikTok, yang mencakup jumlah post, like, komentar, share, dan view. Dimana interaksi ini mencapai puncaknya hingga 188 juta pada 21 Januari. Total interaksi Prabowo-Gibran mencapai 241,7 juta, atau 47 persen dari total share of interaction di TikTok.

Ismail Fahmi menyoroti dominasi Prabowo-Gibran dalam total interaksi di TikTok. Di sisi lain, Anies-Muhaimin juga memiliki tingkat keterlibatan yang signifikan dengan jumlah like atau kesukaan yang tinggi. Sementara, Ganjar-Mahfud MD menunjukkan keterlibatan yang aktif. Menurut Fahmi, hal ini tercermin dari jumlah komentar yang tinggi dan tingkat interaksi yang kompetitif.

"Meskipun jumlah interaksi totalnya lebih rendah dibandingkan dengan dua kelompok lainnya, ini tetap menunjukkan adanya diskusi yang berarti terjadi diantara pengguna," tutur Ismail Fahmi dalam keterangan pers, dikutip Rabu (7/2/2024). 

Mengelola kegiatan akun pemerintah, politikus, dan parpol..

 

photo
Seseorang menunjukan aplikasi TikTok di Jakarta, Rabu (4/10/2023). - (Republika/Prayogi)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement