Kamis 15 Feb 2024 04:14 WIB

Mudah Marah Saat Lapar, Tanda Penyakit Apa?

Kecenderungan untuk mudah marah ketika lapar sering juga disebut hangry.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Orang dibekap perasaan marah (ilustrasi). Salah satu dari tanda awal diabetes adalah hangry atau kecenderungan untuk mudah marah ketika lapar.
Foto: www.freepik.com
Orang dibekap perasaan marah (ilustrasi). Salah satu dari tanda awal diabetes adalah hangry atau kecenderungan untuk mudah marah ketika lapar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes tipe 2 bisa memunculkan sejumlah tanda yang mungkin jarang disadari pada awalnya. Salah satu dari tanda awal diabetes tersebut adalah hangry atau kecenderungan untuk mudah marah ketika lapar.

Menurut chiropractor yang mengkhususkan diri untuk membantu mengubah gaya hidup demi kesehatan, dr Eric Berg, orang yang baru terkena diabetes tipe 2 biasanya akan menunjukkan perubahan sikap terhadap makanan. Sebagai contoh, mereka akan sulit melewatkan jam makan karena bisa merasa sangat lapar.

Baca Juga

Rasa lapar yang teramat besar ini bisa membuat mereka menjadi lebih mudah marah. Kondisi ini dikenal sebagai hangry atau kecenderungan mudah marah karena disebabkan oleh rasa lapar.

"Anda mungkin akan merasa mudah marah ketika tidak makan tetapi merasa lebih baik atau menjadi lebih ramah kepada orang sekitar ketika Anda makan," ungkap dr Berg, seperti dilansir Express pada Selasa (13/2/2024).

Selain hangry, dr Berg mengatakan ada beberapa tanda awal diabetes tipe 2 lain yang juga patut diwaspadai. Berikut ini adalah lima tanda di antaranya:

1. Muncul keinginan berlebih untuk mengonsumsi karbohidrat

2. Merasa ingin tidur atau sangat mengantuk setelah makan

3. Kelopak mata menjadi bengkak

4. Penglihatan memburuk

5. Jadi lebih sering berkemih dan rasa haus meningkat

Hal serupa juga diungkapkan oleh National Health Service di Inggris. Menurut National Health Service, ada tujuh tanda diabetes tipe 2 awal yang perlu dikenali dan diwaspadai. Berikut ini adalah ketujuh tanda tersebut:

1. Lebih sering berkemih

2. Haus sepanjang waktu

3. Rasa sangat lelah

4. Berat badan turun tanpa sebab

5. Gatal di sekitar area genital atau berulang kali mengalami infeksi jamur di area tersebut

6. Luka sulit atau lama sembuh

7. Pandangan menjadi buram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement