Rabu 14 Feb 2024 17:23 WIB

Petugas KPPS Tegur Raffi Ahmad Saat Mencoblos, Ini Alasannya Menurut KPU

Raffi Ahmad mendokumentasikan kegiatannya mencoblos di TPS.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Raffi Ahmad mengabadikan moment dirinya telah selesai melakukan pencoblosan di TPS 01, Pangkalan Jati Baru, Cinere, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Raffi Ahmad mengabadikan moment dirinya telah selesai melakukan pencoblosan di TPS 01, Pangkalan Jati Baru, Cinere, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Artis Raffi Ahmad dilaporkan ditegur oleh petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) saat menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS), Rabu (14/2/2024). Diketahui, Raffi mendokumentasikan kegiatan saat berada di TPS.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin mengatakan, salah satu prinsip dasar dalam pemilu adalah rahasia. Artinya, para pemilih tidak diperkenankan mendokumentasikan pilihan dan menyebarkannya.

Baca Juga

"Karena itu, diatur untuk tidak membawa HP (handphone) di TPS. Untuk menghindari itu," kata dia di Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (14/2/2024).

Menurut Afif, pilihan dalam pemilu adalah rahasia masing-masing individu. Karenanya, petugas menghindari hal yang tak diinginkan terjadi. Dikhawatirkan, dokumentasi Raffi Ahmad akan menjadi viral dan membuat kegaduhan.

"Prinsipnya kita jaga kerahasiaan pemilih. Itu (tidak bawa HP ke TPS) aturan sejak pemilu lalu," kata dia.

Ia menambahkan, tindakan yang dilakukan petugas adalah upaya preventif. Ia pun mengimbau masyarakat tidak perlu menyebarkan pilihan di TPS.

"Daripada ribet, kita antisipasi agar tidak bawa HP di TPS. Toh pengambilan gambar bisa dilakukan di luar TPS," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement