Kamis 15 Feb 2024 11:57 WIB

MenKop UKM Apresiasi Penyusunan PUG-KOPIN untuk Perbaikan Koperasi

KemenKopUKM juga sedang aktif mendorong terbentuknya Koperasi Multi Pihak (KMP).

Red: Joko Sadewo
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki, saat menghadiri Talkshow bertema Governisasi Koperasi sebagai Pemandu Etika.
Foto: istimewa/doc humas
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki, saat menghadiri Talkshow bertema Governisasi Koperasi sebagai Pemandu Etika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mengapresiasi Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) yang telah menyusun buku Pedoman Umum Governansi Koperasi Indonesia (PUG-KOPIN). 

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki, menyatakan PUG-KOPIN tersebut sejalan dengan semangat KemenKopUKM dalam memperbaiki tata kelola dan ekosistem koperasi di Indonesia. Diakuinya, masih banyak koperasi yang belum dikelola dengan baik lantaran masih mengesampingkan aspek pengawasan dan tata kelola koperasi yang baik (good governance). 

"Ini momentum untuk kita benahi seluruh ekosistem koperasi termasuk governansinya kalau kita ingin mewujudkan misi koperasi sebagai Soko Guru perekonomian nasional. Kita perlu ajak seluruh gerakan koperasi untuk memulai mengembangkan model bisnis yang lebih kompetitif supaya koperasi menjadi pilihan rasional masyarakat ketika mau berwirausaha," kata MenKopUKM Teten Masduki , dalam siaran pers, Kamis (15/2/2024).

Ini disampaikan Teten saat kegiatan talkshow bertema Governisasi Koperasi sebagai Pemandu Etika untuk Memastikan Keberlanjutan Koperasi Indonesia yang diselenggarakan oleh KNKG, di Jakarta, Rabu (7/2/2024).